Selasa, 12 Juli 2016

Tiga Berkah Karma Suci

Tiga Berkah Karma Suci, keseluruhannya berjumlah 11 butir, 10 butir diantaranya adalah memberi manfaat untuk diri sendiri, yang terakhir adalah butir ke-11 yakni menasehati insan lain agar juga turut melatih pintu Dharma Sukhavati, ini adalah menyebarkan Dharma. Apabila diri sendiri masih belum berhasil tidak boleh menjadi pengajar, jika ingin mengajari orang lain maka diri sendiri harus terlebih dulu meraih keberhasilan. Dengan tindakan nyata yang sejalan dengan teori yang diucapkan, jika diri sendiri tidak sanggup mengamalkannya tidak boleh menjadi pengajar, orang lain takkan percaya pada ucapanmu.

Di dalam perkembangan sejarah, sosok pengajar yang sukses adalah Buddha Sakyamuni, di Tiongkok ada Konfucius, Mereka merupakan sosok pengajar yang sukses. Mengapa bisa begitu sukses? Karena Mereka dapat mengamalkan seluruh ucapanNya, apa yang tidak sanggup diamalkan, takkan diucapkanNya, maka itu orang lain jadi percaya. Andaikata kita bisa mengatakannya keluar tapi tidak sanggup mengamalkannya, orang lain takkan percaya pada kita, jika tak percaya maka sia-sia saja kita mengajari, sehingga pendidikan ini jadi gagal.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Juli 2014


淨業三福總共十一句,十句是自利,末後一句勸進行者,這就是弘法利生。你看看,自己不成就不能教學,教學一定自己先成就。身行言教,自己沒有做到不能教人,教人人家不相信。在歷史上,教學最成功的,釋迦牟尼佛、中國的孔夫子,這教學最成功。為什麼會最成功?他們都是掌握住先行其言,我說話我都做到,我沒有做到的不說,所以別人相信。如果我們說到自己沒有做到,別人不信,不信那就是白教了,這教育就失敗了。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第七十七集)  2014/7/16

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar