Selasa, 26 Juli 2016

Segala Sesuatu Harus Dimulai Dari Diri Dendiri

Sebelum terlahir ke Alam Sukhavati, di sini kita pelan-pelan membina sebutir hati yang suci dan seimbang. Orang lain tidak seimbang memperlakukan diriku dengan tidak adil, tetapi saya tetap seimbang padanya. Segala sesuatu harus dimulai dari diri sendiri, barulah dapat menggugah orang lain, bila kita berharap bagaimana orang lain memperlakukan diriku, maka saya juga harus terlebih dulu berlaku sedemikian rupa pada orang lain. 

Tidak boleh mengharapkan balas budi, mengapa demikian? Jaman sekarang rintangan karma para makhluk amatlah berat, bukan mudah dididik, haruslah dengan hati yang amat sabar mengajari beberapa tahun, beberapa puluh tahun. Lihatlah, Master Hai Xian tinggal di Nanyang hingga 92 tahun, penduduk setempat menerima pengaruh darinya, sehingga sangat menghormatinya; tetapi ada juga yang bandel tidak mau menerima nasehat, membuat kekacauan, bahkan tidak senang pada beliau, kita tidak boleh menyalahkan mereka, haruslah memiliki kesabaran.    

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2015

我們慢慢(在沒有到極樂世界之前)養成一個清淨平等的習慣,別人跟我不平等,我跟他平等,這才能做到。一切法都要從自己做起,才能夠感化別人,我們希望別人如何對我,我要先怎麼樣對人。不能求果報,為什麼?現在眾生業障很重,不是那麼容易教,總得要很耐心教個幾年、幾十年。你看,海賢老和尚居住在南陽一帶這個地方,九十二年,這個地方的人民接受他的教化,對他很尊重;可是還有一些不聽話的人,找麻煩的人,甚至對老和尚不滿意的人,我們不能見怪,一定要有耐心。

文摘恭錄  二零一四淨土大經科註  (第二七二集)  2015/11/1

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar