Selasa, 19 Juli 2016

Mengapa Master Chan Yun Tidak Memiliki Keyakinan Bahwa Dirinya Pasti Bisa Terlahir Ke Alam Sukhavati?

Berapa banyak praktisi pelafal Amituofo yang memiliki keyakinan bahwa dirinya pasti bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Ketika usia kami masih muda, kami pernah mendekati Master Chan Yun, yang merupakan salah seorang praktisi terkemuka di Taiwan.

Saya bertanya padanya, sebagai praktisi pelafal Amituofo, apakah master memiliki keyakinan pasti bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Beliau menjawab dengan sejujurnya, tidak punya kepastian.

Mengapa Master Chan Yun tidak memiliki keyakinan bahwa dirinya pasti bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Oleh karena beliau memiliki sebuah gubuk pelatihan diri, meskipun keadaannya sangat sederhana, di dalamnya tinggal lima orang, Master Chan Yun harus mengurus orang, menangani urusan, juga harus memenuhi undangan dari umat, bila tidak, maka darimana sumber pemasukan dana, semua ini merupakan kerisauannya.

Maka itu kami jadi terpikir bahwa semakin besar vihara maka semakin banyak pula kerisauannya. Dalam mempelajari Ajaran Buddha, hati yang suci merupakan persoalan utama.        

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2015

幾個人念佛有把握?我們年輕時候親近懺雲法師,這在台灣是很難得的一個大德,我向他請教,我說老法師念佛,往生有沒有把握?他給我們說實話,沒有把握。為什麼沒有把握?他有個茅蓬,雖然很簡陋,裡面住了五個人,他也要管人,也要管事,也要跟信徒們應酬,要不然供養沒有來源,這些都是他的煩惱。所以我們才想到,道場愈大,煩惱愈多。學佛清淨心是第一關口。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一二集)  2015/7/13

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar