Rabu, 20 Juli 2016

Pendidikan Hukum Karma Harus Dipahami Sepenuhnya

Pendidikan Hukum Karma harus dipahami sepenuhnya, dalam kehidupan ini kita menebar benih karma baik maka kelak akan menikmati buah karma yang baik pula. Maka itu janganlah menebar benih karma buruk, karena akan mendatangkan pembalasan, ini adalah masalah besar!

Sekarang mendapat perlakuan yang tidak adil, janganlah ditaruh di hati, maka buah karma buruk kita sudah habis terbalas. Maka itu harus berterimakasih, karena ini bukanlah hal yang buruk. Harus melihatnya dengan jelas, mengamatinya secara mendalam dan memandang ke arah yang jauh, sebaliknya bila hanya melihat yang berlaku pada saat sekarang, maka anda akan timbul kebencian, sehingga masalah jadi besar.

Oleh karena anda memiliki kebencian sehingga pada masa kelahiran mendatang anda melakukan balas dendam pada dia, dia juga tidak memahami mengapa diperlakukan sedemikian, maka menyimpan dendam ini di hatinya, pada masa kelahiran berikutnya dia melakukan balas dendam lagi pada dirimu. Demikianlah kelahiran demi kelahiran saling mendendam dan saling membalas, sungguh kasihan sekali.

Inilah yang diajarkan oleh Ajaran Buddha kepada kita, ikatan permusuhan harus diurai, bukan ada pada dirinya, tetapi ada pada diriku, saya harus mengurai ikatan ini, jika di pihak diriku sudah terurai maka di pihak dia  juga akan ikut terurai.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2015


因果的教育必須參透,我們這一生有緣修善因,將來感應善果。所以決定不能造惡因,惡因後頭有惡報,麻煩!現在受一點委屈好,我們有罪業報掉了。所以要感恩,不是壞事。要看清楚,看得深、看得遠,如果看表面,你就有怨、就有恨,那個麻煩大了。你有怨恨,來生遇到要報復,你要報復他;他也不了解,也怨恨在心,再來世他又報復你。這樣子冤冤相報,生生世世,可憐,非常可憐。這佛教給我們,怨要解開,要化解,不在他那邊,在我這邊,我這邊化了,他就沒事了。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一六集)  2015/7/20

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar