Selasa, 26 Juli 2016

Melatih Dhyana

Melatih Dhyana mudah kerasukan Mara, maka itu harus memiliki guru yang bagus. Di dalam ruang meditasi (Dhyana) ada guru pembimbing, ada ketuanya, begitu dia melihat anda bermasalah, dia dapat mengatasinya.

Bila sudah kerasukan Mara dan tidak ada yang bisa membantu mengatasinya, maka ini sungguh tersiksa, istilah umum menyebutnya sebagai sakit jiwa, sehingga mengantarmu ke Rumah Sakit Jiwa, anda akan menjalani siksaan seumur hidup. Maka itu Dhyana bukan mudah dilatih, demikian juga Tantra bukan mudah dilatih, harus ada guru yang bagus mendampingi menjagamu terus.

Sedangkan Aliran Sukhavati tidak perlu begini, sepatah Amituofo takkan mengundang masalah. Tetapi “Kegiatan Fo Qi 24 Jam” (kegiatan melafal Amituofo selama 7 hari tanpa istirahat) dapat menimbulkan masalah. Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) pernah mengadakan kegiatan tersebut sebanyak dua kali saja dalam sepanjang hidupnya, selanjutnya beliau tidak berani mengadakan kegiatan serupa ini lagi.

Guru Li menceritakan padaku, ketika “Kegiatan Fo Qi 24 Jam” berlangsung, ada seorang praktisi yang bermasalah, sehingga Guru Li harus menghabiskan waktu selama setengah tahun untuk memulihkan praktisi bermasalah ini. Ini menjelaskan bahwa bila ketrampilan melatih diri tidak mencukupi masih bisa timbul masalah.

Apalagi orang yang sama sekali tidak memiliki ketrampilan melatih diri, ingin mencoba-coba mengadakan kegiatan serupa, maka ini sama dengan mengundang bahaya. Ini bukan untuk dipamerkan, kalau muncul masalah bagaimana?  Jaman sekarang praktisi senior sudah sedikit, masalah begini jangan sampai timbul.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2015


禪定,修禪定容易著魔,所以一定要有好老師。禪堂裡有老師指導,有堂主,他看你有問題的時候,能幫助你解決。如果說是著魔而沒有人解決,那很苦,我們一般人叫神經病,把你送到精神病院,你可苦了,苦一輩子。所以禪不是好修的,密也不是好修的,都要有好老師在旁邊照顧你。淨土不要,淨土是一句阿彌陀佛,沒關係,它不會惹來麻煩。可是精進佛七也會出事情。李老師一生打過兩次精進佛七,以後再不敢打了。告訴我打佛七當中,有一個學生出問題了,他花了半年的時間把他恢復正常。這個說明自己的功夫不夠,還會出事情。如果根本沒有功夫的人,要嘗試這個,那是很危險的做法。這個絕對不是做來好看的,出了問題怎麼辦?現在高人少了,這個問題不可以有。

文摘恭錄  二零一四淨土大經科註  (第二七二集)  2015/11/1

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar