Selasa, 26 Juli 2016

Sepanjang Hidup Hanyalah Sebuah Mimpi

Bila anda telah memahami segala fenomena yang ada di depan mata, ini hanyalah sebuah mimpi, buat apa begitu serius? Anda menganggapnya begitu nyata, ini sudah salah, setelah mimpi berlalu, takkan mungkin kembali lagi.

Kita harus memandang kehidupan ini sebagai sebuah mimpi, dengan pemikiran ini untuk berinteraksi dengan manusia lain dan menangani urusan, memperlakukan orang lain dan makhluk hidup lainnya, dengan sendirinya hati maitri karuna akan mengalir keluar, sungguh sulit diperoleh!

Jangka waktu mimpi tidaklah panjang, meskipun seratus tahun hanyalah satu petikan jari saja. Kapan anda baru menyadarinya? Ketika anda menginjak usia lanjut, 80 atau 90 tahun barulah akan menyadarinya. Waktu masih muda takkan menyadarinya, kondisi batin begini, orang usia 30 tahun tidak bisa memahaminya, namun orang usia 80 tahun, anda bilang padanya, dia akan menganggukkan kepala, dia mengakuinya.

Sepanjang hidup hanyalah sebuah mimpi, tidak ada satupun yang nyata, tidak ada satupun benda merupakan milik sendiri, apa yang dapat anda peroleh, sesungguhnya apapun tidak anda peroleh. Karena memang apapun tidak bisa diperoleh, mengapa tidak melatih diri saja? Takkan berseteru dengan semua orang dan makhluk lainnya, juga takkan berseteru dengan seluruh persoalan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2015 


你對於眼前一切現象明白了,這是一場夢,何必要認真?認真錯了,夢過去了,永遠不會回來。我們要把它看人生一場夢,用這種心態來處理事務,待人接物,慈悲心就生出來了,難得!夢時間不長,人生確實一場夢,一百年真的一彈指就過去了。什麼時候能體會到?年歲大了,八十、九十,體會到了。年輕的時候體會不到,這個境界,三十歲以前的人體會不到,八十歲以上的人,你跟他說,他點頭,他承認。一生一場夢,沒有一樣是真的,沒有一樣東西是自己的、你能夠得到的,你什麼都得不到。既然什麼都得不到,為什麼不修心養性?決定不跟一切眾生作對,我們一般講對立,不跟一切人對立,不跟萬物對立,不跟一切事對立,不跟一切眾生對立。

文摘恭錄  二零一四淨土大經科註  (第二六九集)  2015/10/26 

Sumber :
Keseimbangan Pikiran 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar