Rabu, 27 Juli 2016

Seluruh Alam Semesta Dan Seluruh Isinya Adalah Satu Kesatuan

Sutra Mahayana selalu menyebutkan kalimat “dalam waktu seketika”, yakni tidak ada batasan ruang dan waktu. Maka itu di dalam kebenaran tidak ada jarak jauh maupun dekat, Alam Sukhavati ada di mana? Yakni ada di sini; Neraka itu ada di mana? Juga ada di sini. Oleh karena semuanya adalah satu kesatuan, di dalam satu kesatuan itu tiada baik dan buruk. Di dalam satu kesatuan juga tidak ada keberuntungan dan petaka.

Orang yang menghalangiku, menfitnahku, mencelakaiku, setelah kita memahami dengan jelas akan kebenaran satu kesatuan, apakah kita masih menyalahkan mereka? Takkan lagi. Segala perbuatannya adalah karena karma buruknya, kita tahu bahwa itu adalah semu, lantas bagaimana? Tersenyumlah dan biarkan saja berlalu, takkan menerimanya, kata-kata fitnah yang dilontarkannya, takkan menaruhnya di dalam hati, jika sebaliknya malah tersinggung maka amarah ini tidak bisa reda begitu saja meskipun melewati waktu berhari-hari, lantas siapa yang rugi?

Sebenarnya dua sisi juga ada karma buruknya, dia mempunyai buah akibat karma buruk, saya juga memiliki buah akibat karma buruk pula. Setelah mendengar fitnahannya, ini adalah semu, karena segala sesuatu adalah satu kesatuan, saya sudah tercerahkan sedangkan dia masih juga tersesat, jadi perbedaan saya dan dia adalah terletak pada yang satu ini. 

Maka itu bagi anda yang sudah tercerahkan, maafkanlah dia yang sedang tersesat, buat apa anda berperhitungan dengannya? Begitu dia jadi tercerahkan, dia segera akan memahami, ternyata segala sesuatu adalah satu kesatuan, dia akan mengakuinya. Kita harus mengakui bahwa seluruh alam semesta dan seluruh isinya adalah satu kesatuan.

Dari para Buddha hingga makhluk di Alam Neraka merupakan satu kesatuan, gunung, sungai, pohon, rerumputan, semuanya juga merupakan satu kesatuan.  Orang yang lagi tersesat berkelahi dengan orang yang lagi tersesat, bukanlah hal yang mengherankan, tetapi orang yang telah tercerahkan berkelahi dengan orang yang lagi tersesat, ini barulah mengherankan.

Buddha dan Bodhisattva telah tercerahkan, lalu dengan siapa Mereka berkelahi? Dengan siapa pula Mereka berseteru? Mana ada? Tidak ada perumpamaan sedemikian.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2015


佛經,大乘經上常說,即在當下,常說。在哪裡?沒有空間、沒有時間。空間跟時間,《百法明門論》裡頭屬於不相應行法,不相應行法是什麼意思?用我們現在的話來說,抽象概念,不是事實。所以事實,沒有遠近,極樂世界在哪裡?就在此地;地獄道在哪裡?也就在此地,看你按哪個頻道。統統顯示在一個屏幕上,這個屏幕叫常寂光,這個屏幕叫清淨法身。法身是一體,十方諸佛如來進入,統統是一體;從這個地方現出來的無量無邊的實報莊嚴土,也是一體;從實報通過阿賴耶識變現出諸佛如來所教化的十法界六道輪迴,也是一體。這講真話,這不是說假的,一體。一體裡頭有沒有是非善惡?沒有。一體裡頭有沒有吉凶禍福?沒有。所以你要問佛、問法身菩薩,告訴你,統統沒有。可是你要問三賢菩薩,十住、十行、十迴向,他告訴你有,會告訴你,西方極樂世界在我們這個世界的西面十萬億佛國土那一邊,他會這樣告訴你。你問法身菩薩,他會告訴你就在當下,頻道換了。所以了解真相,其味無窮。

障礙我們的人,毀謗我們的人,陷害我們的人,我們把事實真相明白了,會不會責怪他?不會。他的所作所為是他的業,我們知道是假的,假的怎麼?一笑了之,沒有接受,沒有把他毀謗我們那些話放在我心上,那要生氣生好多天都消不掉,誰吃虧?那兩面都有業了,他也有惡報,我也有惡報。聽了之後,假的,是一體,我悟了,他迷,不一樣就在此地。覺悟,對於迷的,你應該原諒他,你何必要跟他計較?他要一覺悟,馬上就明白,原來是一體,他承認了。我們要承認,遍法界虛空界是一體。所以《華嚴》上說,一切眾生,包括蚊蟲螞蟻、地獄餓鬼眾生,是一體。一切法是一個自性變現出來的,能現能生的是自性,完全相同。自性就像電視的屏幕一樣,一片光明,什麼都沒有,這就是法身,這就是法身佛,包括全宇宙,佛菩薩到地獄眾生、山河大地、樹木花草,統統包括了,一法不漏,一體。迷惑人跟迷惑人打架不奇怪,覺悟的人跟迷惑人打架那才奇怪了。諸佛菩薩覺悟了,他跟誰打架?他跟誰過不去?翻遍《大藏經》,找不到這個例子。阿羅漢有,為什麼?無明煩惱沒斷。權教菩薩有,也是無明煩惱沒斷。無明煩惱斷的人肯定沒有,這個要懂。

文摘恭錄   二零一四淨土大經科註  (第二七七集)  2015/11/9 
  
Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar