Tempo dulu, saya masih ingat ketika saya berusia 40 tahun lebih, Master Hsing Yun membangun Fo Guang Shan, mendirikan “The Eastern Buddhist College”, mengundangku menjadi dekan fakultas di sana. Pada waktu itu beliau memiliki lebih dari 130 mahasiswa, saya memberinya usul bagaimana bila jumlah mahasiswa tersebut dibagi atas grup, tiga orang satu grup, masing-masing grup ini menfokuskan diri mempelajari satu judul sutra saja, jangka waktu belajar adalah 10 tahun.
130 orang mahasiswa bisa dibagi atas 40 grup, yang akan menguasai 40 judul sutra dan sastra. Tiga orang menfokuskan diri pada satu judul sutra saja, andaikata dalam tiga orang ini ada satu yang berhasil menjadi pakar sutra yang dipelajarinya, maka Fo Guang Shan akan mempunyai 40 judul sutra dan sastra besar, maka ini benar-benar Fo Guang (Sinar Buddha) menerangi dunia.
Master Hsing Yun tidak menerima usulanku, beliau berkata bila melakukan sedemikian rupa maka tidak seperti sekolah lagi. Saya memberitahukan padanya, justru seperti sekolah, tidak menghasilkan orang berbakat; kalau tidak seperti sekolah barulah bisa menghasilkan pakar di bidangnya. Akhirnya saya memutuskan untuk meninggalkan Fo Guang Shan.
Saya memahami bila sistem seperti sekolah takkan meraih keberhasilan. Pagi hari tiga mata kuliah, tiga orang dosen datang mengajar, mata kuliah yang diajari juga berbeda-beda, anak didik jadi kebingungan, yang satu ini masih belum dicerna, datang lagi yang lain.
Sampai pada usia lanjut, kami bersua lagi, Master Hsing Yun menyesal, namun sudah terlambat, saat berada bersama, kami masih berusia 44 tahun, kami berusia sama, 40 tahun lebih hanya dalam sekejab mata sudah berlalu. Andaikata beliau bersedia menahan kepergianku saat itu, maka Fo Guang Shan akan memiliki paling sedikit tiga atau empat puluh Master Dharma pakar ceramah sutra.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 November 2015
我在早年,我記得四十多歲的時候,星雲法師建立佛光山,辦了一個東方佛教學院,請我去做教務主任。那個時候他有一百三十多個學生,我跟他建議,把學生分組,三個人分一個小組,這一個小組專攻一部經,學習的期間十年。一百三十多個人,可以分成四十個組,也就是說四十部經論。三個人專攻,只希望有一個人學會,佛光山就有四十部大經大論,那真是佛光普照世界。星雲法師不能接受我的建議,他說那樣做不像學校。我就告訴他,像學校,出不了人才;不像學校,出人才。最後,我還是離開了。那個學校教學的方法,我知道那不會成功的。一個早晨三堂課,三個老師教,教的課程不一樣,學生頭腦學迷糊了,這個還沒有消化掉,那個又來了。到了晚年,我們碰面,他後悔了。後悔來不及了,我們在一起的時候四十四歲,我們兩個同年,四十多年一眨眼就過去了。如果那個時候他把我留在佛光山,佛光山至少會有三、四十個講經法師出來。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二八六集) 2015/11/24
Sumber :
Keseimbangan Batin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar