Rabu, 27 Juli 2016

Kemelekatan Adalah Penderitaan

Kemelekatan adalah penderitaan, di dunia ini, bentuk kemelekatan yang paling parah, tak lain adalah jalinan kasih, manusia di dunia ini menyukai hal ini, kasih sayang yang begitu mendalam, begitu celaka, setiap kelahiran demi kelahiran tidak mampu membebaskan diri dari ikatan hubungan tersebut, hubungan apakah yang dimaksud? Yakni saling memusuhi dan saling balas dendam, tiada usainya.

Jalinan kasih dapat berupa hubungan antara suami istri, ayah anak, kakak adik, ini sungguh rumit dan merepotkan! Buddha Dharma menyebutnya sebagai kekotoran batin (klesa), merupakan akar dari enam alam tumimbal lahir, akar ini harus dicabut hingga ke ujung-ujungnya. Apakah dengan mencabut akar ini maka disebut sebagai tak berperasaan?

Bukan demikian, dengan memutuskan akar ini barulah disebut sebagai kasih sejati. Oleh karena dari jiwa sejati mengalir keluar maha maitri maha karuna, perasaan kasih kini telah berubah menjadi maitri karuna. Maitri karuna adalah berdasarkan akal sehat dan bukan berdasarkan perasaan atau emosional, adalah tercerahkan dan bukan yang terlena.

Manusia di dunia ini adalah terlena dan tak tercerahkan, sedangkan Buddha dan Bodhisattva adalah tercerahkan dan tidak terlena. Kasih sayang para Buddha dan Bodhisattva kepada semua makhluk adalah adil dan merata. Jadi bukan seperti kasih manusia yang sesat, hingga menjadi kasih sayang yang melekat, sedangkan kasih Buddha dan Bodhisattva adalah yang menggunakan akal sehat dan bukan perasaan, oleh karena Mereka mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2015


執著是苦。這個世間,最嚴重的執著是情執,世間人歡喜,情很深,很糟糕,生生世世脫不了關係,什麼關係?冤冤相報,沒完沒了。情執叫愛情,這個愛情有夫妻之情、父子之情、兄弟之情,可麻煩了!佛法說這是煩惱,是生死,是六道輪迴的根,這個根必須要斷掉。斷掉是不是無情?不是,斷掉之後是真情。為什麼?自性裡面流出來的大慈大悲,換個名稱就是愛情,愛情變成慈悲了。慈悲是什麼?是理性的,不是感情的,是覺而不迷。世間人是迷而不覺,佛菩薩是覺而不迷,他那個愛是平等的愛,對遍法界虛空界一切眾生平等的愛。那個愛就像世間人迷,迷到極處那種情執,但是佛菩薩是理智,不是感情的,他知道事實真相。

文摘恭錄  二零一四淨土大經科註  (第二八三集)  2015/11/20 

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar