Selasa, 26 Juli 2016

Cavkramana (Berjalan Perlahan Sambil Melafal Amituofo)

Cavkramana (berjalan perlahan sambil melafal Amituofo) adalah olahraga. Terutama bagi insan lanjut usia, tidak bergerak tidak bagus, jika tidak bergerak maka masalahpun muncul. Hidup harus bergerak, jika tidak bergerak maka tidak bisa hidup lagi, jadi harus bergerak.

Usia di atas 50 tahun harus sering berolahraga secara teratur, amat bermanfaat bagi kesehatan. Terutama Cavkramana, ini merupakan metode olahraga yang penting bagi praktisi, oleh karena sutra sudah bisa dihafalnya, sedangkan bagi praktisi yang belum bisa menghafal sutra maka boleh melafal Amituofo.

Saat melakukan Cavkramana tetap menjaga hati suci, seimbang, tiada bentuk-bentuk pikiran dan khayalan, tiada perbedaan dan kemelekatan. Jika duduk terus, lama kelamaan akan mengantuk, jika bertemu dengan situasi begini maka jangan duduk lagi, segera bangkit dan melakukan Pradaksina (mengelilingi ruang kebaktian sambil melafal Amituofo), ini juga disebut sebagai Cavkramana.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2015
                                      
經行是運動。我們現在住在這個地方,這個地方是鄉村,建築的密度還可以,還有空地給我們散步。我們在這邊天天都在繞著這個大圈子散步,繞一圈十分鐘,繞六圈就一個小時,我們每天大概不會少過一個小時。這是運動,特別對年老的人,年老的人不動不行,不動問題就出來了。所以中國這些名詞術語都很有味道,活動,活就要動,不動就不能活了,一定要活動。五十歲以上的人就要注意,經常保持一定時段的活動,對身體健康有很大的好處。尤其是經行,這個在修行人活動裡頭最主要的一種方法,因為經典他都能背誦了,不背誦經典的人,那就是念佛號,或者念咒都可以。經行的時候,保持著清淨心、平等心,沒有雜念,沒有妄想,沒有分別執著,這個好。坐在那裡坐久了,有時候打瞌睡,昏沉,遇到這種現象趕緊起來,不要再坐了,起來繞佛,就是經行。

文摘恭錄  二零一四淨土大經科註  (第二七二集)  2015/11/1

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar