Selasa, 26 Juli 2016

“Karir Buddha”

“Karir Buddha”, Buddha hanya mengerjakan satu hal yakni mendidik, dengan perkataan lain adalah membantu para makhluk mencapai pencerahan dan menemukan kembali Jiwa KeBuddhaannya. Jadi Buddha hanya memiliki satu hal ini saja yang harus dikerjakan.

Kita juga harus memahami bahwa kita datang ke dunia ini juga demi satu tujuan, yakni memutuskan klesa (kekotoran batin), mencapai KeBodhian (pencerahan). Sejak pagi hingga malam, menghadapi setiap insan dan persoalan, ini adalah melatih diri. Apa yang dilatih? Yakni takkan digoyahkan oleh kondisi luar, inilah yang kita latih.  

Bagaimana caranya agar kita tidak terpengaruh oleh kondisi luar? Yakni tidak menyimpan segala sesuatu di dalam hati, maka dengan demikian batin kita takkan terganggu oleh kondisi luar, menyimpannya di hati adalah orang awam, tidak menyimpannya di dalam hati adalah melatih diri, inilah yang disebut sebagai siswa Buddha.  

Orang jaman sekarang menyalah tafsirkan makna dari “Karir Buddha”, manusia modern mengira bahwa karir Buddha adalah mengadakan upacara-upacara dan ritual-ritual, memohon berkah, mengadakan upacara besar-besaran dan sebagainya, inilah yang disalahartikan sebagai karir Buddha. Inilah yang menyebabkan Ajaran Buddha berubah jadi kepercayaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Oktober 2015


「佛事」,佛的事業,佛所作所為,佛只做一樁事,就是教化,所以佛事「亦即一切有益於佛道之事」;換句話說,就是幫助眾生大徹大悟、明心見性的大事,佛沒有別的事,就這一樁事情。
我們要曉得,我們今天到這個世間來,就一樁事情,什麼事情?斷煩惱、證菩提。日常生活當中,從早到晚面對著一切人事物,這是修行,修什麼行?不為外境干擾,修這個。怎麼不為外境干擾?不把這些東西放在心上,就不受干擾。放在心上就是干擾,就是凡夫;不放在心上就是修行,就是佛弟子。

現在人,現在講做佛事,做佛事是什麼意思?做佛事是祈福、是超度,做法會這些做佛事。這就是佛教變成宗教,是一般人所說的宗教,不是中國人所說的宗教。

文摘恭錄  二零一四淨土大經科註  (第二六六集)  2015/10/19

Sumber :
Keseimbangan Pikiran 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar