Sabtu, 23 Juli 2016

Bhiksu Tua Melatih Ksanti Paramita (kesabaran)

Ketika saya meninggalkan keduniawian, saya pernah bertemu dengan seorang Bhiksu, beliau merupakan kepala vihara Da Jue Si di Keelung, Taiwan. Bhiksu senior ini membangun sebuah vihara besar, beliau memiliki pahala, murid-murid yang diterimanya merupakan para veteran, bahkan penghuni vihara ini seluruhnya adalah pria.   

Saya pernah tinggal di viharanya selama sebulan, selama periode tersebut, vihara yang berpenghuni sekitar seratus orang, para veteran itu juga susah diatur, tabiat yang amat berat, setiap hari selalu saja ada pertengkaran, dan Bhiksu tua itu harus turun tangan untuk mendamaikannya.

Begitu bertemu salah satu pihak, Bhiksu tua itu akan berkata, “Anda tidak salah, anda baik”, lalu ketika pihak lain menghadapnya, Bhiksu tua juga akan berkata “Anda juga baik”, sungguh menarik, Bhiksu tua melatih Ksanti Paramita (kesabaran).

Bhiksu tua menunjukkan teladan dalam wujud tindakan nyata, sehingga mampu meredakan emosi orang banyak.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Juli 2015


我出家曾經遇到一個和尚,我受戒的時候是我的尊證和尚,台灣基隆大覺寺的方丈。這個老和尚建了個大廟,有福報,收的徒弟全是退伍軍人,而且這個道場是完全男眾。我在他那裡去住了一個月,那段時間,他這個道場上上下下將近一百人,退伍軍人難搞,習氣很重,每天都有吵架的,都有找老和尚來評理的。老和尚見了一個,「你沒錯,你好」,那個來的人,「你也好」,很有趣味,老和尚修忍辱波羅蜜。老和尚是現身說法,身行言教,把這麼多人擺平。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二二三集)  2015/7/29  

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar