Selasa, 26 Juli 2016

Harta Benda, Rupa, Ketenaran, Makanan Dan Tidur (Panca Kamah)

Saya telah belajar Ajaran Buddha selama 64 tahun, 30 tahun awal saya masih memiliki keraguan pada Ajaran Sukhavati, tetapi 30 tahun akhir, saya telah meyakini sepenuhnya, saya melepaskan seluruh ajaran sutra, menfokuskan diri menceramahkan “Sutra Usia Tanpa Batas”, menfokuskan diri pada sepatah Amituofo. Mengapa demikian?

Oleh karena saya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, saya tidak mendambakan dunia ini, bila kalian begitu mendambakan dunia ini, sehingga berseteru memperebutkannya, sedangkan saya sendiri malah ingin meninggalkannya, jadi saya dan kalian tidak ada perseteruan.

Saya tahu manfaat dari Alam Sukhavati, kalian belum mengetahuinya, anda masih mendambakan dunia ini. Harta benda, rupa, ketenaran dan keuntungan di dunia ini, anda masih belum bisa melepaskannya, maka hari-hari anda di dunia ini masih begitu panjangnya, pelan-pelan saja melewatinya!

Sedangkan kami sebentar lagi akan pergi, bagaimana mungkin bisa berseteru denganmu?  Hanya bisa membantumu agar bisa berhasil, takkan menghalangimu. Anda begitu mendambakan ketenaran dan keuntungan, maka seluruhnya kami berikan pada anda, membantu anda supaya bisa berhasil memperolehnya, anda begitu gemar akan harta benda, rupa, ketenaran, makanan dan tidur, Panca Kamah ini, juga akan diberikan seluruhnya kepada anda, kami tidak menginginkan apa-apa.

Untuk memahaminya adalah sulit, namun untuk melepaskannya takkan sulit, inilah yang disampaikan guruku tempo dulu padaku. Andaikata anda ingin mengetahui apakah anda telah memahami dengan jelas Ajaran Buddha itu, maka tanyalah pada dirimu sendiri apakah sudah melepaskan kemelekatan atau belum?

Jika belum melepaskan berarti anda masih belum jelas memahaminya, bila benar-benar telah memahaminya, siapa yang sudi begitu bodohnya berada di dunia ini menjalani siksaan?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2015 


我學佛六十四年,前面三十年,我對於這個話有懷疑,後面三十年我相信了,我不懷疑了,我把一切經教都放下,專講這部《無量壽經》,專念這一句佛號。為什麼?我求往生,我不貪圖這個世界,你們愛這個世界,要爭這個世界,我想離開,我跟你們沒有衝突。那是什麼?我知道極樂世界的好處,你還不知道,你還貪戀這個世間,在這個世間,財色名利你還放不下,你在這個世間還很長很長的日子,慢慢去過吧!我們很快就要走了,怎麼會跟你作對?只會成就你,不會障礙你。成就就是,你要名聞利養,都給你,成就你,你要財色名食睡五欲也給你,我們都不要了。明瞭很難,放下不難,這是早年老師告訴我的。你要自己知道你是不是搞清楚了,就問自己有沒有放下?沒放下,沒清楚。真正搞清楚了,誰幹這個傻事?誰願意在這裡受罪?
文摘恭錄  二零一四淨土大經科註  (第二六九集)  2015/10/26 

  Sumber:
Keseimbangan Pikiran 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar