Jumat, 29 Juli 2016

Lima Kebajikan Ajaran Konfusius

Kemuliaan, kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya, adalah “Lima Kebajikan Ajaran Konfusius”. Lima butir kebajikan ini tidak boleh terputus juga tidak boleh jauh darinya, lima kebajikan ini adalah etika moral, yang terjalin dengan hukum alam.  

Insan mulia tahu menyayangi orang, mengorbankan diri sendiri demi orang lain. Lihatlah aksara kemuliaan (仁 ren) adalah dua orang, jadi bila terpikir diri sendiri juga harus terpikir orang lain. 

Apa yang tidak saya kehendaki, maka orang lain pasti juga takkan mau diperlakukan sedemikian rupa, apa yang saya suka, orang lain juga pasti akan menyukainya, seperti kata pepatah “Apa yang tidak kita kehendaki, janganlah diberikan kepada orang lain”, ini adalah kemuliaan, maka itu insan mulia tahu menyayangi orang lain.   

Insan yang benar akan bertindak sesuai aturan, niat pikiran yang muncul adalah sesuai dengan kebenaran, takkan melanggar aturan, ini adalah kebenaran. 

Kesusilaan adalah sopan santun, yakni memiliki rasa hormat.

 Kebijaksanaan adalah akal sehat, takkan bertindak menuruti perasaan. 

Dapat dipercaya adalah takkan menipu diri sendiri, juga takkan menipu orang lain. 

Orang Tionghoa menjunjung tinggi etika moral, harus menjadi seorang manusia yang beretika moral.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Desember 2015

仁義禮智信,中國人講五常,常是不能斷的,是不能離開的,這五種德行,這是道德,完全與大自然規律相應。仁者愛人,推己及人。你看仁是兩個人,立人邊,這是二,是二人,想到自己一定想到別人。我不願意的,別人一定也不願意,我歡喜的,別人一定也歡喜,「己所不欲,勿施於人」,這是仁,所以仁者愛人。義者循理,講道理,我們一般講,你起心動念、言語造作,合情、合理、合法,人情事理法律統統都符合,不違犯,這是義。禮是禮貌,是尊重,是敬,恭敬。智是理智,不是感情用事。後面信,信是不自欺,不欺騙自己,不欺騙別人。中國人講道德,五倫是道,五常是德。這五個字叫五常,德!要做一個有道德的人。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二九二集)  2015/12/2 

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar