Kamis, 21 Juli 2016

Melatih Diri Ada Di dalam Kehidupan Keseharian

Bila benar-benar telah mengikhlaskan, maka di dalam hati sebersit niat pikiran takkan ada lagi. Andaikata bukan benar-benar telah mengikhlaskan, maka ini berarti anda tidak melepaskannya, yakni anda tidak menyingkirkan kerisauan dan kegundahan hatimu, ini merupakan rintangan yang amat besar bagi kebijaksanaan sejati, anda masih saja risau maka kebijaksanaanmu takkan muncul.

Ketika orang lain memuji dan menyanjung dirimu, hatimu tetap saja seimbang, takkan merasa bangga dan mulia, takkan ada niat pikiran serupa ini, ini adalah ketrampilan melatih diri; sebaliknya bila anda difitnah, dicelakai, takkan ada kebencian sama sekali.

Melatih diri ada di dalam kehidupan keseharian, bila memisahkan diri dari masyarakat dan orang banyak, ke mana anda harus melatihnya lagi, kebijaksanaan dan ketrampilan melatih diri adalah dilatih dari bagaimana kita menangani urusan,   memperlakukan orang dan baik makhluk hidup maupun benda mati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Juli 2015


真看破,心裡頭一絲毫的念頭都沒有。要真看破才管用,不是真看破的話,你沒有放下,就是你煩惱牽掛你沒有斷掉,這個東西對真實慧有非常大的障礙,你還生煩惱,你不生智慧。讚歎你、恭維你,你心平氣和,沒有覺得我很榮耀、我很高貴,沒有這個念頭,這功夫;毀謗你、陷害你,沒有絲毫怨恨。修行在日常生活當中修,離開社會大眾你到哪裡去修,智慧跟功夫,都在處事待人接物裡面去修成。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一九集)  2015/7/25  

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar