Rabu, 20 Juli 2016

Saat Sekarang Untuk Sarana Pendidikan Paling Bagus

Saat sekarang untuk sarana pendidikan paling bagus menggunakan yang satu ini, tidak memerlukan aula buat khotbah, juga tidak memerlukan vihara, hanya sebuah studio rekaman mini sudah cukup, pendengar tidak perlu bertatap muka, dia mengenali diriku, tetapi saya tidak mengenalinya.

Kami bukan organisasi besar dan hebat, kami juga tidak memiliki susunan kepengurusan organisasi, tidak punya umat, hanya sendirian saja, betapa bebasnya. Semua yang diceramahkan dibuat dalam kepingan DVD, dapat dilestarikan, apa kegunaannya? Kelak jika berjodoh mendirikan sebuah universitas Buddhis, ini merupakan bahan kuliah. Pakai saja DVD, tidak perlu mencari tenaga pengajar, urusan jadi mudah!

Kini usiaku sudah lanjut, tidak ingin mengurus orang lagi, sepanjang hidupku juga tidak pernah mengurus orang lain, tetapi saya berharap ada orang yang mau berniat mendirikan sebuah universitas Buddhis, saya akan menyerahkan semua DVD ceramahku padanya, tidak perlu mencari tenaga pengajar, pasti dapat mengajar anak didik dengan baik.  

Saat kini di Chaozhou, Provinsi Guangdong, di Ruangan Kuliah Dao De, merupakan salah satu perumpamaan ini, dia berhasil melakukannya, secara keseluruhan menggunakan DVD, tidak ada tenaga pengajarnya. Menurut dugaanku, 20 tahun lagi, kira-kira sekolah menengah atas dan selanjutnya akan menitikberatkan pada penggunaan DVD untuk mengajar, mengapa demikian? Sudah tidak ada guru lagi.

Saat kini dunia pendidikan semakin merosot, generasi demi generasi tidak lebih baik daripada generasi sebelumnya, guru yang baik sudah tidak ada lagi. Apa alasannya? Murid yang baik juga sudah tidak ada lagi, murid yang berhati suci dan seimbang, tulus, jujur dan tahu hormat sudah tidak ada lagi. Murid yang baik sudah tidak ada lagi, jadi apa yang harus diajari oleh guru yang baik?

Guru sudah tidak berdaya mengajar, sehingga ini menjadi siklus yang buruk. Maka itu hal ini tidak boleh tidak dipahami.      

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Juli 2015


現在的教學用這個最好,沒有講堂、沒有道場,小小攝影棚就行了,聽眾不見面,他認識我,我不認識他。我們沒有山頭,我們沒有組織、沒有群眾,孤家寡人,逍遙自在。所講的東西統統製作成光碟,能保留下來,做什麼用?將來真正要辦一所佛教大學,這些都是教材。用光碟,不要請老師,省多少事!
我現在是年歲太大了,不想管人,一生沒管過人,但是我希望有人能發心辦一個佛學院,我把我所有光碟都送給他,你就用光碟教學,不要請老師,肯定能把學生教好。現在廣東潮州道德講堂就是個例子,它辦得非常成功,完全用光碟,沒有老師。在我想像當中,二十年之後,大概高中以上都要偏重在光碟教學了,為什麼?沒老師了。現在學術走下坡,一代不如一代,好老師沒有了。什麼原因?好學生沒有了,心地清淨平等、真誠恭敬的學生沒有了。學生沒有了,老師教什麼?老師無法教了,這變成一個惡性的循環。所以我們不能不懂,不能不知道。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一五集)  2015/7/19

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar