Rabu, 20 Juli 2016

Hanya Melihat Kebaikan Orang Lain Dan Jangan Melihat Keburukannya

Di dunia ini segalanya adalah semu, harta benda kita dirampas orang lain, juga jangan taruh di hati; nama baik kita dirusak orang lain, orang lain menciptakan gosip untuk memburukkan dirimu, menghalangimu, juga jangan taruh di hati.

Dia berusaha merintangi diriku, maka saya akan mundur, untuk memenuhi keinginan hatinya, di mana saja kita tetap belajar mundur dan mengalah, tidak bersaing dan berseteru dengan orang lain.

Sehingga keyakinan dan tekad kita terhadap Alam Sukhavati, sehari demi sehari semakin mendalam, ketrampilan kita melafal Amituofo sehari demi sehari semakin maju, jalan yang kita tempuh adalah menuju Alam Sukhavati, sedangkan jalan yang mereka tempuh adalah melanjutkan bertumimbal lahir.

Kita tidak memiliki moral kebajikan, tidak memiliki kebijaksanaan sehingga tidak dapat menyadarkan dirinya, maka itu terhadap dirinya kita takkan mengkritik, juga takkan memujinya, tetapi menghormati dan memberi persembahan padanya. 

Ketika dia ditimpa kesusahan, kekurangan sandang dan pangan, kita mempunyai kelebihan maka kita memberi persembahan padanya, menjaganya, maka ini sudah boleh.

Hanya melihat kebaikan orang lain dan jangan melihat keburukannya, bukannya kamu tidak melihat atau mendengarnya, tetapi tidak menaruhnya di dalam hati, di dalam hatimu senantiasa suci tak ternoda, begini sudah betul.         

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2015


這個世間什麼都是假的,我們的財物被人霸佔了,被人奪取了,若無其事,不要放在心上;我們的名譽,人家造謠生事破壞你,障礙你,也若無其事。他障礙我,我就退避,滿足他的心願,處處學退讓,不跟人競爭。讓我們對極樂世界的信願一天比一天深,讓我們的念佛功夫一天比一天精進,我們走的路子是西方極樂世界,他們還繼續搞輪迴。我們沒有德行,沒有智慧,不能幫助他醒悟過來,對他不批評、不讚歎,要恭敬、要供養。他有困難的時候,缺少食物,缺少衣服,我們有多餘的,要供養他,要照顧他,這就行了。只看別人善,不要看到他的惡,不是你沒有看到、沒有聽到,看到、聽到不要放在心上,心裡面沒有被染污,永遠是清淨的,這就對了。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一六集)  2015/7/20

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar