Rabu, 27 Juli 2016

Hati Yang Suci Memunculkan Kebijaksanaan

Kita harus melatih diri dengan bersungguh-sungguh, barulah kebahagiaan dan kebebasan diperoleh. Andaikata kita dapat melihat orang-orang di sekitar kita sebagai satu kesatuan, maka semua persoalan akan jadi selesai dan takkan ada lagi. Dia membenciku, memarahiku, menghinaku, saya juga dapat bersabar dan menerimanya, mengapa demikian? Oleh karena dia sedang tersesat, ibarat orang yang minum arak sampai mabuk dan tidak sadar lagi, padahal sesungguhnya dia adalah orang baik, menanti hingga pengaruh alkoholnya hilang dan dia sadar kembali, dia akan segera mengerti; jadi takkan menyalahkannya,  bersedia memaafkannya.   

Setelah memaafkannya maka jejak atau bekas di hati juga harus dibersihkan, barulah hati kembali pada kondisi semula yang suci. Hati yang suci memunculkan kebijaksanaan, takkan tersesat. Ini merupakan pencerahan kecil, yang dicapai oleh Arahat dan Pratyeka Buddha, namun manfaat ini adalah sungguh luar biasa. Ikatan permusuhan yang telah dijalin sejak kelahiran demi kelahiran kini sudah terurai, apa alasannya? Karena di hati anda sudah tidak ada lagi hal ini. Kesucian, kesetaraan dan pencerahan telah muncul, bagaimana mungkin akan ada lagi “musuh kerabat penagih hutang”?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2015


我們得真修,真修得真樂,得真大自在。那就是五種見惑裡頭邊見破了(身見破了是無我),真正體會到我與萬法同一體,老莊所說的「天地與我同根,萬物與我一體」。老子、莊子肯定是法身菩薩再來的,他說得出這個話,不是法身菩薩說不出。真是一體,我們常常看到對方跟我是一體,什麼問題都解決,都沒有了。他就是恨我、罵我、侮辱我,我也能忍、能接受,為什麼?他在迷,喝酒喝醉了發酒瘋,人是好人,等到他醒過來之後,他完全明白;不會見怪他,會原諒他的。說原諒,已經心就不乾淨了。痕跡都沒有,這才是清淨心。清淨心生智慧,清淨心覺悟,不迷。那不是大覺,是小覺,阿羅漢、辟支佛的覺悟,但是就有很殊勝的作用了。生生世世結的冤親債主全化解,為什麼?你心裡頭沒有了。清淨平等覺現前,哪來的冤親債主?

文摘恭錄   二零一四淨土大經科註  (第二七七集)  2015/11/9 

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar