Kamis, 21 Juli 2016

Semakin Banyak Kemelekatan Yang Kita Lepaskan Maka Hati Kita Kian Suci

Semakin banyak kemelekatan yang kita lepaskan maka hati kita kian suci, jangan taruh di hati. Peristiwa apa yang sedang terjadi di pelosok dunia sekarang ini, kami tidak tahu sama sekali, hari demi hari kami lewati dengan tenang, buat apa mengetahuinya? Hanya cari masalah sendiri saja, bukankah dengan baca koran sama saja dengan cari masalah, demikian juga dengan baca majalah, televisi, ini namanya cari masalah sendiri.

Sudah lebih dari 50 tahun saya tidak menyaksikan siaran televisi, tidak mendengar siaran radio, baca koran, majalah dan sebagainya, tidak perlu mengetahui ragam berita.

Ada orang yang bertanya padaku, bagaimana bila ada kejadian penting? Saya menjawab, bila ada kejadian yang penting maka akan ada praktisi yang akan membuat kutipan buatku, ada praktisi yang begitu baik, setiap minggu sekali mengantar satu kliping yang berisi judul berita kepadaku, saya membaca yang ini, kejadian selama seminggu, hanya perlu setengah jam saya sudah selesai membacanya.      

Semakin sedikit hal yang diketahui semakin sedikit kerisauan, semakin banyak kenalan semakin banyak gosip. Andaikata orang lain tidak mencariku maka saya pasti takkan keluar mencari kolega, mengapa demikian? Ketenangan.

Ini adalah manfaat yang sesungguhnya. Bila praktisi sekalian ingin sehat dan panjang umur, inilah rahasianya.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Juli 2015


我們放下得愈多,心愈清淨,不要放在心上。現在每天世界上發生這個事情,我們不知道,日子也很好過,何必要知道?沒事找事。誰都找事,你看報紙是找事,你看雜誌是找事,你看電視是找事。沒事,我五十多年不看電視,沒有聽廣播,報紙、雜誌統統都離開,我不需要知道這些。有人問我,那有必要的事情呢?我說必要的事情,有同學他們節錄,有同學很難得,每一個星期送一份頭條新聞,拿來送給我看,我就看這個,一個星期的事情,我只要花半個小時就看完了。知事少時煩惱少,識人多處是非多。我不是別人來找我,我絕不找人,為什麼?清淨。這就是真正受用,受用的是真實智慧、真實之際、真實利益。諸位要想健康長壽,這是祕訣,就在此地。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一八集)  2015/7/24

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar