Selasa, 26 Juli 2016

Mendengar Ceramah Adalah Mengembangkan Keyakinan Dan Tekad Hati Kita

Mendengar ceramah adalah mengembangkan keyakinan dan tekad hati kita, setiap saat mengingatkan diri kita dan tidak membiarkan batin kita mengalami kemunduran, inilah manfaatnya.

Praktisi yang memiliki kemampuan harus membangkitkan niat memberi ceramah, demi membalas budi Buddha. Apa yang Buddha ingin kita lakukan? Yakni menceramahkan Dharma, sehingga Buddha Dharma dapat dilestarikan dan diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya tak terputus, ini adalah yang terunggul dalam membalas budi Buddha.

Maka itu bila memiliki kemampuan menceramahkan Dharma tidak boleh malas, tidak boleh putus asa, harus tekun berusaha. Anda harus membaca sutra hingga lancar, dapat menghafalnya. Maka itu harus menfokuskan pada satu sutra saja, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, memudahkan daya upaya anda, ketika anda mengulang hingga beberapa ratus kali, anda sudah bisa menghafalnya.

Ketika berada di Amerika, saya bertemu dengan upasika yang memiliki daya ingat yang begitu buruk, dia menghafal “Sutra Usia Tanpa Batas”. Dia memberitahu padaku setelah membaca sutra sebanyak enam ribu kali barulah dapat menghafalnya. Sungguh sulit ditemukan, dia memiliki keteguhan hati, semangat dan tekad, menggunakan waktu bertahun-tahun lamanya.

Setelah selesai mengulangi hingga enam ribu kali, dia datang menemuiku dengan gembiranya. Oleh karena setelah bisa menghafalnya dia tidak perlu bergantung lagi pada buku sutra, dia melakukan Cavkramana juga sambil menghafal sutra, ini sungguh leluasa.

Saya katakan padanya, baca lagi enam ribu kali, maka anda bisa menceramahkan sutra ini, dia pasti bisa menceramahkan dengan bagus sekali, ini adalah manfaat sesungguhnya dari belajar Ajaran Buddha.
  
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2015

聽經增長你的信心,增長你的願心,時時刻刻提醒你,不讓你退轉,有這個好處。有能力的要發心講經,為什麼?報佛恩。佛需要我們幹什麼?需要我們把他講的法一代一代傳下去,這是報佛恩裡頭第一,排在第一的。所以有能力學講經的時候,不能夠偷懶,不能夠放棄,一定要努力。這就是你要讀經,經讀得很熟,能背誦。所以讀經的時候都是主張一門深入、長時薰修,對你用功方便,你念上幾百遍就會背了。
我在美國遇到一個記憶力很差的,是一位在家女居士,她背《無量壽經》。她告訴我念多少遍才會背?六千遍才完全背下來。很難得,她有這個決心,有這個毅力,用了好多年的時間。念完六千遍來告訴我,很歡喜,能背了。能背以後,她就不需要依靠經本,她經行可以背經,打坐可以背經,那就方便很多了。再有六千遍,我告訴她,妳就能講這部經,妳會講得很好,這是學佛得真實受用。

文摘恭錄  二零一四淨土大經科註  (第二七二集)  2015/11/1

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar