Selasa, 19 Juli 2016

Agama Buddha Itu Sekarang Sudah Jadi Enam Jenis

Tahun-tahun sebelumnya ketika saya masih berada di Amerika, sekitar dua atau tiga puluh tahun yang lalu, saya pernah berkata pada kalian bahwa Agama Buddha itu ada empat jenis.

Jenis yang pertama adalah Ajaran Buddha seperti yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni sekarang sudah tidak ada lagi; yang kedua adalah Agama Buddha yang sudah berubah jadi kepercayaan belaka, tidak ada ceramah dan pengajaran lagi, mengadakan upacara-upacara, upacara pertobatan dan ritual lainnya, menjadi kepercayaan takhayul.

Jenis yang ketiga adalah Agama Buddha yang telah berubah menjadi ilmu pengetahuan, di dalam perguruan tinggi, ada mata kuliah Sutra Buddha, tempo dulu saya masih jadi dosennya selama lima tahun, saya mengajar di Chinese Culture University selama lima tahun, sudah berubah jadi ilmu pengetahuan; dan jenis yang terakhir adalah berubah menjadi aliran sesat, memakai papan merek Agama Buddha lalu melakukan hal-hal yang bertentangan dengan Dharma.

Itulah empat jenis yang pernah saya sampaikan tempo dulu. Lalu bagaimana pula dengan sekarang? Sekarang sudah menjadi enam jenis, ditambah dengan yang satu jenis adalah Agama Buddha Bisnis, menjadikan Agama Buddha sebagai sarana jual beli, lihat saja di seluruh dunia ada cabang viharanya, ibarat kantor pusat lalu ada kantor cabangnya, inilah yang muncul di jaman modern.

Lalu muncul lagi satu jenis lainnya yakni Agama Buddha Travel, yakni yang bergerak di bidang tamasya. Di Tiongkok banyak terdapat vihara-vihara dan panorama indah yang bisa dikunjungi buat tamasya, ini sungguh tak berdaya, vihara-vihara yang sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun, barang antik, mengundang banyak turis berkunjung ke sana untuk melihatnya, sehingga vihara ini sejak pagi hingga malam sibuk meladeni turis, tidak punya waktu buat melatih diri.

Maka itu sekarang sudah jadi enam jenis, anda termasuk yang mana?   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Juli 2015

早年我在美國的時候,二、三十年前,我跟大家講,那個時候我講佛教有四種。釋迦牟尼佛講經教學的佛教現在沒有了;第二個是宗教的佛教,變質了,不講經教學了,做法會、做經懺佛事,變成宗教的佛教,第二種;第三種,學術的佛教,大學裡頭,哲學系裡面有佛經的課程,早年我還教了五年,我在文化大學教了五年,變成學術了,變成哲學;最後一種,邪教,打著佛教的招牌做違法的事情,四種。現在呢?現在我講六種,又加了兩種,一種是企業的佛教,把它當作商業、企業來做,你看全世界到處都有它的道場,分公司,它有總公司,它有分公司,這個近代出現的。還出現一種,旅遊的佛教。大陸上許多佛教道場,觀光旅遊景點,那個沒辦法,歷史悠久,這個寺廟幾千年、幾百年,古董,到中國來旅遊的人都想去看看,這個道場從早到晚都是接待觀光客,沒有時間修行。現在六種,你屬於哪一種?

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一五集)  2015/7/19

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar