Selasa, 19 Juli 2016

Pada Jaman Berakhirnya Dharma


Di dunia ini orang yang berpandangan sesat itu jumlahnya banyak, terutama saat sekarang ini lebih banyak lagi, praktisi sejati tidak ada pendukung besar yang mendukungnya sehingga tiada tempat baginya untuk berpijak. Mengapa demikian? Oleh karena orang yang berpandangan sesat jumlahnya lebih banyak, kekuatan mereka sangat besar.

Inilah yang disebut di dalam Buddha Dharma sebagai jaman berakhirnya Dharma, Dharma semakin melemah sementara Mara semakin kuat, kekuatan Mara lebih besar daripada Dharma.

Praktisi sejati tidak memiliki pendukung yang besar, orang lain tidak suka kamu berceramah, merasa benci jika kamu memberi wejangan padanya, sehingga memikirkan segala cara untuk mencampuri urusanmu.

Makanya vihara-vihara sekarang banyak yang tidak memberikan khotbah Dharma lagi. Kadang kala ada kegiatan ceramah, tetapi isinya bukan seperti yang diucapkan Buddha, sutranya memang sudah benar, tetapi yang dia jelaskan adalah menuruti penafsiran sendiri, bukanlah makna sesungguhnya seperti yang dibabarkan Buddha.

Pada jaman berakhirnya Dharma, mempelajari Ajaran Buddha adalah sulit dan tidak mudah!             

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2015


特別是這個世間邪知邪見的人多,現在特別多,正知正見的人沒有有力量的護法,無處立足。不要說安身,無處立足,為什麼?群起而攻之,這些邪知邪見的人多,力量很大。這就是佛法裡頭講,今天是末法時期,法弱魔強,魔的力量大過法。沒有有力的護法,別人不喜歡你講、討厭你講,想盡方法干涉你。所以現在的寺廟庵堂,許許多多的道場,它不講經。偶爾有講經的,講的不是佛說的,經本沒錯,他說的是他自己的意思,不是佛的意思。末法學佛難,不容易!

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一四集)  2015/7/17

Sumber  :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar