Kamis, 21 Juli 2016

Master Yin Guang Memberi Nasehat

Master Yin Guang yang juga merupakan guru sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-13 memberi nasehat pada kita, pada era sekarang ini idealnya adalah mendirikan vihara yang kecil, penghuninya jangan melewati 20 orang, jika melatih diri dengan kesungguhan hati maka dapat berhasil.

Sebaliknya bila vihara dibangun besar-besar, bagaimana kelanjutannya? Anda memerlukan uang, setiap hari anda harus pusing memikirkan ke mana harus mencari uang, ke mana harus mencari umat untuk memperoleh persembahan dana, umat pendukung yang kaya raya, semua ini membuat hati menjadi gundah.

Jika di hati ada hal ini maka pelatihan diri sudah tidak ada lagi, kesucian hati juga tidak ada lagi, hati yang seimbang juga tidak ada lagi. Dengan perkataan lain menghancurkan kebenaran yang telah dibabarkan oleh Buddha.

Hal ini patut kita ketahui, pasti harus kita pahami. Bila kita ingin meraih keberhasilan, maka harus melangkah di Jalan Buddha dan Bodhisattva, harus menyingkirkan semua hal tersebut.  

Jujur saja tubuh jasmani kita tidak sebanding dengan para praktisi yang hidup pada jaman Buddha Sakyamuni, mereka bermeditasi di bawah pohon di dalam rimba, ditiup angin dan diterpa hujan, dijemur panas mentari juga tak gentar, namun tubuh mereka masih dalam kondisi baik.

Beda dengan kita sekarang ini, cobalah bermalam di luar sana, esok harinya sudah harus masuk ICU rumah sakit, kondisi tubuh yang tidak memungkinkan. Sedangkan para siswa Buddha memiliki tubuh vajra narayana (tubuh yang tidak rusak), ini diperoleh dari hasil pelatihan diri.

Maka itu guru sesepuh kita  mengajari kita untuk membangun vihara kecil, dimana praktisinya tidak melampaui 20 orang, ini sungguh tepat! Setiap praktisinya dapat berhasil, ini merupakan jasa kebajikan sempurna.

Sebaliknya vihara yang dibangun besar-besar, tetapi di dalamnya tidak ada satupun praktisi yang berhasil, maka itu bukanlah vihara, hal ini harus kita pahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Juli 2015


印光大師勸我們,這是近代的祖師,我的老師李炳南老居士,淨土跟他學的,所以也是我們的師承,祖師。他老人家告訴我們,在現在這個時代建道場,小道場,住眾不要超過二十人,真正修行都能成就。道場大了,大了什麼?你就得要錢,你天天動腦筋到哪裡去找錢,去找這些居士供養,找這些護法,這都很操心。心裡有這些東西,道就沒有,清淨心沒有了,平等心沒有了,換句話說,把佛所講的道全破了。這個要懂,一定要曉得。我們要想真正成就,要走佛菩薩的老路,要把這些東西統統擺脫掉。現在我們說實話,我們的身體比不上釋迦牟尼佛那個時候的人,他們在野外樹下打坐,身體好,風吹雨打、日頭晒他都不怕;我們今天到外面去過一夜,第二天就加護病房,體力不行。他們真叫金剛不壞身,那是練出來的。所以我們今天找我們的祖師,教我們建小廟、小道場,不超過二十人,正確!個個都有成就,這就是圓滿功德。道場再大,沒有人成就,那不叫道場。這都是我們要知道的。


文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一八集)  2015/7/24

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar