Selasa, 19 Juli 2016

Praktisi Ajaran Buddha Memiliki Mawas Diri Yang Sedikit Lebih Tinggi

Praktisi Ajaran Buddha memiliki mawas diri yang sedikit lebih tinggi, setiap malam saat terlelap, maka di dunia ini apa lagi yang merupakan milik anda? Anda sudah terlelap, bahkan apa yang terjadi dengan dirimu, anda juga tidak tahu sama sekali.

Di dalam Sutra Intan tercantum bahwa segala sesuatu yang merupakan hasil perpaduan unsur-unsur (unsur tanah, air, api dan angin) adalah bagaikan mimpi, khayalan, gelembung sabun dan bayangan, juga bagaikan embun dan kilat, seharusnya membuat perenungan sedemikian.

Setelah meninggal dunia baru tahu bahwa segalanya adalah tidak kekal, apapun tidak bisa dibawa pergi. Setiap malam kala terlelap adalah serupa dengan sudah mati, ketika anda tertidur nyenyak, orang lain mengangkat lalu membawa kabur dirimu, anda juga tidak tahu, ini adalah benar adanya.

Maka itu benda mana yang anda miliki? Manusia di dunia ini telah tersesat, mereka terlena menganggap bahwa barang-barang semu ini sebagai nyata adanya, harus menjadi kepemilikan sendiri. Tubuh sendiri saja tidak bisa diperoleh, setiap saat terus mengalami penuaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Juli 2015

學佛的人警覺性比較高一點,每天晚上睡覺睡著了,這個世間什麼是你的?你睡著了,連你身體都不知道。《金剛經》說得好,「一切有為法,如夢幻泡影,如露亦如電,應作如是觀」。死了才知道一切無常,一樣也沒帶走。每天晚上睡覺就是小死一次,當你睡得很甜的時候,人家把你抬走了你都不知道,這是真的不是假的。所以哪一樣東西是自己的?世間人迷了,迷什麼?就是迷這樁事情,把這些假東西都當作真的,要據為己有。自己的身都不可得,剎那生滅。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一五集)  2015/7/19

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar