Rabu, 20 Juli 2016

Lima Mata Pelajaran Wajib Bagi Praktisi Aliran Sukhavati

Tahun-tahun sebelumnya ketika saya masih berada di Amerika, saya menyusun Lima Mata Pelajaran Wajib bagi praktisi Aliran Sukhavati. Di Los Angeles saya tinggal di vihara Master Yin Hai, dia amat memuji ketika melihat Lima Mata Pelajaran Wajib kami ini, sederhana dan ringkas, mudah diingat, setiap hari menggunakannya untuk bercermin.

Mata pelajaran ke-1 adalah Tiga Berkah Karma Suci.

Tiga Berkah Karma Suci adalah :
Berkah pertama : “Berbakti pada ayahbunda, menghormati guru dan senior, welas asih tidak membunuh, mengamalkan Sepuluh Kebajikan”.  
Berkah kedua :  “Mengambil Visudhi Trisarana, mengamalkan sila, tidak melanggar tata krama”.
Berkah ketiga : “Membangkitkan Bodhicitta, yakin pada Hukum Karma, membaca Sutra Usia Tanpa Batas, menasehati orang lain mempelajari Ajaran Sukhavati.      

Menasehati orang lain mempelajari Ajaran Sukhavati adalah yakni suka membantu orang lain, menasehati orang lain agar belajar Ajaran Buddha, menasehati orang lain agar membangkitkan keyakinan dan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Tiga Berkah Karma Suci terdiri dari sebelas butir, sepuluh butir adalah diperuntukkan bagi diri sendiri dan satu butir lagi adalah menasehati insan lainnya.

Mata pelajaran ke-2 adalah Enam Prinsip Keharmonisan Sangha
Mata Pelajaran ke-3 adalah Sila, Samadhi dan Prajna
Mata Pelajaran ke-4 adalah Sad Paramita
Mata Pelajaran ke-5 adalah Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra.

Harus mengamalkan  Lima Mata Pelajaran Wajib dengan bersungguh-sungguh, setiap saat harus mempergunakannya untuk bercermin. Setiap kali muncul niat pikiran maka segeralah bercermin, bolehkah niat pikiran ini timbul?

Bila kita dapat menggenggam Lima Mata Pelajaran Wajib ini, maka kita memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2015


早年,在美國、在加拿大,我們修這五科。在洛杉磯我住在印海法師的道場,他看到我們五科非常讚歎,簡單扼要,好記,時時刻刻用來對照。三福,「孝養父母,奉事師長,慈心不殺,修十善業」,這第一條;第二條,「受持三皈,具足眾戒,不犯威儀」;第三條,「發菩提心,深信因果,讀誦大乘,勸進行者」。最後這一句勸進行者,就是喜歡幫助別人,勸別人學佛,勸別人信願,勸別人發心求生淨土。總共十一句,你看,十句是為自己,最後是勸進行者。其他的,六和敬、三學戒定慧、六度、普賢十願,要認真,時時刻刻要把這個東西拿出來對照。速度要快,念頭才起,馬上給它印一下,這念頭能不能起?惡念,趕快把它打消,不能起,善念可以,惡行、惡口都不可以。我們能夠把這五條基本的抓住,往生就有分。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一六集)  2015/7/20

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar