Selasa, 12 Juli 2016

Senantiasa Harus Terpikir, Buat Apa Buddha Dharma Ada Di Dunia Ini?

Dengan menggunakan hati yang sesungguhnya mudah mencapai pencerahan, terhadap semua makhluk haruslah bermaitri karuna, maitri membantu seluruh makhluk memperoleh kebahagiaan, karuna membantu seluruh makhluk menjauhi penderitaan. Senantiasa harus terpikir, buat apa Buddha Dharma ada di dunia ini? Yakni untuk membantu para makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan. Harus selalu memiliki pikiran sedemikian, setiap saat jangan sampai terlupakan.

Dengan cara  apa membantu para makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan? Dengan pendidikan. Maka itu seluruh Buddha dan Bodhisattva tidak ada yang tidak memberi pengajaran. Apa yang diajarkan? Mengajarkan para makhluk untuk melenyapkan kesesatan mengembangkan pencerahan. Penderitaan berasal dari kesesatan, setelah kesesatan dilenyapkan maka penderitaan juga akan terputus. Setelah pencerahan dicapai, barulah benar-benar memperoleh kebahagiaan.

Insan yang tercerahkan menikmati kebahagiaan Dharma, senantiasa timbul pikiran sukacita. Lihatlah Master Hai Xian, senantiasa berbahagia dalam Dharma, ada yang memberitahukan padaku bahwa sepanjang hidupnya, Master Hai Xian tidak pernah terlihat marah, juga tidak pernah melihatnya mengkritik orang lain, memfitnah orang lain, tidak ada, setiap hari bersukacita, senyuman senantiasa menghiasi wajahnya, menuruti kehendak para makhluk, bersukacita atas kebajikan yang dilakukan orang lain.

Ini harus kita teladani, melihat siapa saja juga orang baik, sampai-sampai orang yang memukulinya, menghinanya, di hati Master Hai Xian mereka itu tetap adalah orang baik. Kenapa orang baik melakukan kejahatan? Karena sesat sesaat, maka itu jangan menyalahkannya, dia akan kembali ke jalan yang benar, setelah kembali ke jalan yang benar, dia juga adalah orang baik.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2014


用真心容易開悟,對一切眾生一定要慈悲,慈幫助眾生得樂,悲幫助眾生離苦。常常要想到,佛法在世間為什麼?就是為幫助眾生離苦得樂。要常存這個心,時時刻刻不能丟掉。用什麼方法幫他離苦得樂?用教學。所以一切諸佛菩薩沒有一個不教學的。教他什麼?教他破迷開悟。苦從迷來的,迷破了,苦就斷了、就滅了。覺悟了,真正得樂。覺悟的人法喜充滿,常生歡喜心。你們看看海賢老和尚,他法喜充滿,一生,有人跟我們講過,他一生當中從來沒有見到他發過脾氣,從來沒有看到過他批評人、毀謗人,沒有,總是歡歡喜喜,滿面笑容,恆順眾生,隨喜功德。這我們要學。見什麼人都是好人,連打他、侮辱他,他心目當中都是好人。好人為什麼做壞事?一時迷惑,他做錯事了,不要去怪他,他會回頭,回頭就是好人。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第七十八集)  2014/7/18 

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar