Saya (Master Chin Kung) meninggalkan keduniawian pada usia 33 tahun, sejak itu saya mulai mengajar, memberi ceramah, dua tahun kemudian barulah mengambil Patimokkha Sila, usai menerima sila, hal pertama yang saya lakukan adalah pulang ke Taichung mengunjungi Guru Li (Upasaka Li Bing-nan). Saat itu guru sedang berada di dalam Perpustakaan Ci Guang, saya berdiri di pintu gerbang, kami bertatap muka, guru menunjuk ke arahku dan berkata : “Kamu, kamu harus yakin pada Buddha ya!” Guru mengulangi perkataan ini berkali-kali.
Saat itu saya jadi kebingungan, setelah melangkah masuk ke dalam ruangan, barulah guru menyuruhku duduk. Guru bertanya padaku, apakah kamu ada memahami apa yang kukatakan tadi? Saya menjawab saya tidak memahaminya. Saya bertanya kembali bagaimana saya tidak yakin pada Buddha? Saya sudah belajar Ajaran Buddha selama tujuh tahun, lalu menjadi anggota Sangha, berceramah, sekarang sudah usai menerima sila, apakah dengan begini saya masih tidak yakin pada Buddha?
Guru menjelaskan padaku, ada banyak anggota Sangha yang sudah berusia 80 atau 90 tahun bahkan hingga wafat masih juga belum yakin. Mendengar ucapan ini saya sudah paham maksud guru, apa itu keyakinan? Di dalam Aliran Sukhavati dikatakan keyakinan benar, ini adalah hal yang sulit. Sepanjang hidupku tak pernah melupakan perkataan guru ini, dengan tangan menunjuk ke arahku dan berkata berulang kali, kamu harus yakin pada Buddha, kamu harus yakin pada Buddha.
Terutama Aliran Tanah Suci, hari ini keyakinan kita terhadap Aliran Sukhavati begitu rapuh, tidak sanggup bertahan kala menghadapi cobaan, saat dihembus sedikit angin saja, hati kita langsung goyah. Selama belasan tahun ini, kritikan terhadap Sutra Usia Tanpa Batas hasil rangkuman Upasaka Xia Lian-ju baik yang datang dari dalam maupun luar negeri Tiongkok. Begitu banyak orang dan begitu panjang waktu yang telah dikerahkan untuk meniadakan versi rangkuman ini.
Untunglah negara masih mempunyai berkah, saya melihat Departemen Agama menerbitkan “Lima Sutra Aliran Tanah Suci”, di dalamnya ada Sutra Usia Tanpa Batas yang menggunakan versi rangkuman, setelah melihatnya saya merasa sungguh terhibur, negara telah mengakui versi rangkuman.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 September 2014
我年輕的時候,三十三歲出家,我出家就教學、就講經,兩年之後才受戒,在八堵,我跟聖嚴同戒。受戒之後,第一個回到台中拜老師。老師在慈光圖書館裡面,我在大門口,見到了,他就手指著我,他說:「你,你要信佛!」講了好多遍。我當時也迷惑了,我走到裡面去,他叫我坐下來,我就坐了。他就問我,你有沒有聽懂我的話?我說沒聽懂。我說我怎麼不信佛呢?學佛七年,出家,講經,現在受完戒,我難道是不信佛嗎?他就告訴我,有很多老和尚八十、九十,到死他都還沒有信。這個話我就明白了,那個信就是什麼?淨宗講的真信,真信太難了。老師這幾句話我一生都不會忘記,指著我說了好多遍,你要信佛,你要信佛。
特別是淨土宗,我們今天對淨土宗的信心非常脆弱,禁不起考驗,有一點風吹草動我們心就動搖了。這十幾年來,國內國外對於會集本的批判是史無前例,過去沒發生過,這麼多的人、這麼長的時間否定這個本子。好在國家還有福,佛門裡面否定,國家沒有否定。我看到國家宗教局出版了一部《淨土五經》,裡面《無量壽經》用的是會集本,我看到很安慰,國家承認這個本子。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一一0集) 2014/9/24
Sumber :
Semilir Sukacita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar