Praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, meskipun terlahir pada tingkatan bunga teratai paling bawah, di dalam 48 tekad agung Buddha Amitabha yakni tekad ke-20, praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika.
Apakah yang dimaksud dengan Avaivartika? Avaivartika adalah Bahasa Sansekerta, jika diterjemahkan dalam Bahasa Mandarin adalah ketidakmunduran, tiga jenis ketidakmunduran yakni :tingkatan Bodhisattva takkan mundur lagi, pengamalannya juga takkan mundur lagi, niatnya juga tak mundur lagi, inilah yang disebut Avaivartika, Avaivartika adalah Bodhisattva Dharmakaya.
Bagaimana dia dapat memperoleh Dharmakaya? Bukan atas usahanya sendiri, tetapi adalah pemberkatan tekad agung Buddha Amitabha, sehingga anda sama secara keseluruhan dengan Bodhisattva Dharmakaya. Keistimewaan ini tidak ada di seluruh Alam Buddha lainnya, hanya di Alam Sukhavati saja, maka itu Buddha Sakyamuni dan semua Buddha menasehati kita agar bertekad lahir ke Alam Sukhavati.
Sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni ini, adalah ditujukan kepada praktisi yang telah sempurna akan benih sebab dan faktor pendukung yakni akar kebajikan dan berkah kebajikan tanah suci. Andaikata pada masa kelahiran lampau tidak memiliki benih sebab dan faktor pendukung yakni akar kebajikan dan berkah kebajikan, maka Buddha Sakyamuni takkan membabarkan Dharma ini kepada mereka, mengapa demikian? Karena dia takkan mampu menerimanya, dia takkan percaya.
Hari ini kita telah menerimanya, namun sempat goyah, masih tidak yakin, masih enggan mengamalkannya, apa alasannya? Pada masa kelahiran yang lampau kita memiliki benih sebab dan faktor pendukung yakni akar kebajikan dan berkah kebajikan, namun sangat dangkal, tidak mendalam, maka itu barulah dapat goyah.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 September 2014
往生到極樂世界的人,縱然是下下品往生,同居土下下品往生,記住,二十願裡頭,四十八願二十願裡頭,往生的人皆是作阿惟越致菩薩。這一句話可不得了!
阿惟越致是什麼?是梵語,翻成中國是不退轉,三種不退轉:位不退、行不退、念不退,這叫阿惟越致,阿惟越致就是法身菩薩。有沒有四土三輩九品?有,但是三輩四土九品它是平等的,全是法身。這法身怎麼來的?不是自己修的,是阿彌陀佛本願威神加持,讓你的身相跟法身菩薩完全一樣。這個十方一切諸佛剎土裡頭沒聽說過,唯獨極樂世界有,所以世尊、諸佛勸我們往生極樂世界。
世尊這些經典,都是對於具足淨土善根福德因緣的人,給他們講的。如果過去生中沒有善根福德因緣,佛不跟他講這個法,為什麼?他不能接受,他不相信。我們今天接受了,還會動搖,還不相信,還不肯真幹,什麼原因?過去我們的善根福德因緣有,很淺,不深,深度不夠,所以會動搖。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一一0集) 2014/9/24
Sumber :
Semilir Sukacita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar