Rabu, 13 Juli 2016

Meneladani Master Hai Xian


Kita meneladani Master Hai Xian, di dalam lubuk hatinya hanya ada sepatah Amituofo, selain sepatah Amituofo, tidak ada lagi yang lainnya. Saat makan, di dalam hati melafal Amituofo, tak terpikir apakah sepiring sayur ini enak atau tidak, tidak ada niat pikiran sedemikian, hanya ada lafalan Amituofo yang diulang berkesinambungan tak terputus; saat bekerja, berladang, menanami sayuran, apapun yang dilakukan tetap diiringi dengan melafal Amituofo.

Di hatinya hanya ada Amituofo, segala pekerjaan dan aktivitas dilakukan serupa dengan orang lain pada umumnya, hanya saja di hati melafal Amituofo berkesinambungan, ini yang disebut ketrampilan melatih diri. Ketrampilan yang benar memunculkan kebijaksanaan, maka itu dalam memperlakukan orang lain dan makhluk lainnya baik makhluk hidup maupun benda mati, dalam menangani permasalahan juga akan terselesaikan dengan baik, takkan melakukan kesalahan.

Segala permasalahan hidup manusia dapat terjawab, saat ada umat yang datang memohon bimbingan dari anda, anda langsung memberi jawaban tanpa harus berpikir, dan ucapan anda juga takkan salah. Mengapa demikian? Karena tidak menggunakan hati khayal. Hati khayal adalah alaya-vijnana, kesadaran ke-8 ini merupakan pikiran khayal, Master Hai Xian tidak menggunakannya, namun mengubah pikiran khayal menjadi prajna kebijaksanaan. Kesadaran ke-7 adalah kemelekatan, kesadaran ke-6 adalah membeda-bedakan; dengan mengubah vijnana (kesadaran) menjadi prajna (kebijaksanaan), tidak membeda-bedakan dan tidak melekat, mewujudkan segala jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa batas.

Sepanjang hidup Master Hai Xian, perbedaan dan kemelekatannya hanyalah sepatah Amituofo, selain ini tidak ada lagi yang lain, segala perbedaan dan kemelekatan sudah dilepaskannya, karena itu apapun yang dilihatnya, dia tetap merasa bersukacita. Mengapa demikian? Ini yang disebut dengan menemukan kembali jiwa sejati. Maka itu dalam menyelamatkan para makhluk, takkan menaruh hal ini di dalam hati. Jika demikian apakah beliau dapat menangani urusan dengan baik? Saat menangani masalah dia akan memusatkan perhatian pada penyelesaian masalah tersebut, namun setelah selesai dia takkan menaruhnya lagi di dalam hati.

Praktisi yang memiliki ketrampilan melatih diri yang bagus, bahkan saat sedang menangani permasalahan, juga takkan menaruhnya di hati, karena sudah trampil. Hari ini kita meneladani Master Hai Xian, dalam setiap waktu dan segala tempat senantiasa melafal Amituofo, selain Amituofo tidak ada lagi hal lainnya. Master Hai Xian sepanjang hidupnya dapat meraih keberhasilan karena sepatah Amituofo ini, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan dalam jangka panjang. Dia orangnya patuh dan serius mengamalkan sesuai dengan ajaran, selama 92 tahun tidak pernah beralih ke metode lainnya, melafal berkesinambungan tak terputus.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2014


我們學海賢就對了,海賢心裡就是阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼也沒有。吃飯心裡是阿彌陀佛,沒有想到這個菜好吃,那個不好吃,沒有這個念頭,阿彌陀佛不間斷;工作,種田、種菜,幹什麼都是阿彌陀佛。心是阿彌陀佛,事跟大家一樣幹,心是阿彌陀佛,這叫真功夫。真功夫生真智慧,所以待人接物處理得都非常恰當,沒有把事情做錯。眾生疑難雜症向你請教,你隨口就給他解答,沒有說錯。這就是什麼?不用妄心。妄心是阿賴耶,八識五十一心所是妄心,他不用,叫轉八識成四智。轉阿賴耶為大圓鏡智,照見萬法;轉末那,末那是執著,把末那轉變為平等性智;把第六意識轉變為妙觀察智,六識是分別,七識是執著,不分別、不執著;轉前五識為成所作智,成就一切無量無邊功德;這就是四智菩提。第六意識不分別就是妙觀察,不執著就是平等性,轉從這兩個轉,這兩個因上轉,第八跟前五跟著就轉了,果上轉。所以修行只要修這個,不分別、不執著,在這上下功夫。

  海賢老和尚一生,分別執著是阿彌陀佛,除這個之外什麼都沒有,真的一切分別執著統統放下,所以看什麼都好,看什麼都歡喜。為什麼?全是自性變現的,全是性德,這就叫明心見性。在所有現象裡面看到法性,清清楚楚。法性不生不滅,法相是極高的速度,高頻率產生整個宇宙的幻相。所以他無願,度眾生不把度眾生的事情放在心上。那這事能做得好嗎?做事的時候用心,我們講做完之後不放在心上。功夫好的人,正在做的時候也不放在心上,純熟了。我們今天學海賢,無論一切時、一切處全是阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外沒有第二樣東西。這個人一生成就就得力於這一聲佛號,一門深入,長時薰修。讀書千遍,其義自見,他念阿彌陀佛不止千遍,真聽話,真幹,九十二年不拐彎,一直念下去。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第九十九集)  2014/8/25 

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar