Selasa, 12 Juli 2016

Melihat Seluruh Makhluk Sebagai Buddha

Kita harus menggunakan sikap ini memandang semua makhluk, melihat seluruh makhluk sebagai Buddha, maka pencapaian KeBuddhaan akan semakin cepat, takkan jauh lagi.

Terutama terhadap para junior kita, yang lebih muda usianya, kita selalu bersikap seperti seorang senior dalam memperlakukan dirinya, memandangnya bagaikan orang rendahan, menempatkannya setingkat lebih rendah, ini disebabkan oleh keangkuhan. Diri sendiri tidak tahu dirinya sendiri angkuh, orang lain dapat melihatnya, insan lain melihatnya namun tidak berani memberitahukanmu, mengapa? Karena tahu anda takkan sudi menerimanya.

Bila anda dapat menerimanya, bagus, maka ada yang akan memberitahukanmu, itu adalah orang yang benar-benar menyayangi dan melindungi dirimu. Jika anda tidak sudi menerima maka juga tak berdaya, mengapa demikian? Karena memberitahukanmu akan membuatmu tersinggung, setelah mengatakannya beberapa kali akan jadi musuh kerabat penagih hutang, tidak memberitahukanmu maka takkan menjalin permusuhan, sehingga anda akan melakukan kesalahan selamanya, hingga akhirnya tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, jatuh ke tiga alam penderitaan, bukankah ini sungguh memprihatinkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2014


我們都要以這個心態看一切眾生,把一切眾生都當作諸佛看待,我們成佛就快了,就不遠了。

尤其對比我們晚輩的、年輕的,我們常常以長者的這個姿態去對他,把他看作下人,把他看作低一等,這都是傲慢心作祟。自己不知道自己傲慢,別人看到,別人看到不敢告訴你,為什麼?不能接受。你能接受,不錯,會有人告訴你,那都是真正愛護你的人。你不能接受就沒有辦法了,為什麼?告訴你你會生氣,次數多了變成冤親債主,不告訴你,不跟你結怨,你就錯到底了,到最後不能往生,墮三惡道,你說多可憐。

二零一四淨土大經科註  (第七十三集)  2014/7/9 

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar