Selasa, 12 Juli 2016

“Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi”

“Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi”, isinya tidak banyak, di bagian halaman belakangnya masih ada satu bagian lampiran, Master Ou Yi menulisnya sendiri, menjelaskan bahwa penjelasan ini diselesaikannya dalam tempo waktu sembilan hari. Sungguh sulit ditemukan, ibarat jelmaan Buddha Amitabha yang datang untuk membuat penjelasan pada sutra tersebut untuk diwariskan pada generasi berikutnya, menjelaskan pada kita perihal tentang membangkitkan Bodhicitta.

Master Ou Yi mengatakan bahwa keyakinan dan tekad menyeluruh adalah membangkitkan Maha Bodhicita, sejak dulu tidak ada orang yang bilang begitu, sehingga membangkitkan Bodhicitta menjadi persoalan yang sulit bagi kita, sesungguhnya apa yang disebut dengan Bodhicitta? Dengan adanya penjelasan ini maka terurailah sudah, asalkan anda membangkitkan keyakinan benar, bersungguh-sungguh membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, hati ini adalah Maha Bodhicitta.

Memang benar, kami melihat para lansia di dusun yang melafal Amituofo, saat menjelang ajal muncul tanda-tanda istimewa, bila anda bertanya padanya apa yang dimaksud dengan Bodhicitta, dia tidak tahu, dia juga tidak bisa mengungkapkannya keluar. Tetapi jika anda bertanya padanya apakah dia yakin, maka dia benar-benar yakin, sedikitpun tidak ada keraguan sama sekali, benar-benar ingin ke Alam Sukhavati, tidak ada kemelekatan pada dunia ini. 

Ternyata Master Ou Yi mengatakan bahwa ini adalah Maha Bodhicitta, para lansia ini tidak tahu, mereka telah membangkitkan Bodhicitta, maka itu dia menfokuskan diri melafal Amituofo, dia pasti terlahir ke Alam Sukhavati.  

Sepanjang hidupnya Master Ou Yi mengucapkan sepatah kalimat ini sungguh bernilai, sejak dulu hingga kini para guru sesepuh tidak mengucapkan hal sedemikian, sehingga keraguan para praktisi menjadi terpecahkan.


Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2014


《彌陀經要解》分量不多,後面還有一篇跋文,蕅益大師自己寫的,說明他這個註解九天完成的。真難得,如同阿彌陀佛再來,親自註這部經留傳給後世,把發菩提心這樁事情給我們解釋清楚了。  

他說信願具足就是大菩提心,從前從來沒人說過,所以菩提心把我們難倒了,到底什麼叫菩提心?這個解釋解決了,只要你真信,真正發願求生淨土,這個心就是無上菩提心。真的,我們看到確實有鄉下阿公阿婆念阿彌陀佛,往生的時候瑞相稀有,你要問他什麼叫菩提心,他不知道,他講不出來。你問他相不相信,真相信,一點不懷疑,真想到極樂世界,對這個世間沒有留戀。原來蕅益大師說這就是無上菩提心,他自己不知道,他真發心了,所以他一向專念,他決定往生。蕅益大師在一生當中,就說出這一句話就了不起了,自古以來祖師大德們沒說過,讓大家都懷疑,這說破了。

二零一四淨土大經科註  (第七十三集)  2014/7/9

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar