Rabu, 13 Juli 2016

Hukum Sebab Akibat Dari Ketiga Jenis Dana Ini

Orang awam selalu berharap bisa kaya raya, sedangkan harta itu sudah ditentukan dalam garis hidup, bukanlah ditentukan oleh diri sendiri. Jika di dalam garis hidup tidak memiliki kekayaan maka haruslah merasa puas, mengapa demikian? Bukanlah Tuhan yang tidak adil, sesungguhnya Tuhan sangat adil, insan yang garis hidupnya memiliki kekayaan adalah dikarenakan pada masa kehidupan lampaunya suka berdana, bukan pada kehidupan sekarang ini.

Di dalam garis hidup tidak memiliki kekayaan, namun terlahir di dalam keluarga kaya, bukankah dengan demikian dia juga akan ikut menikmati kesenangan bukan? Memang benar. Di dalam garis hidupnya dia tidak memiliki kekayaan, namun dia berjodoh dengan ayahbundanya, lalu dia lahir dan ketika ayahbundanya sudah meninggal dunia, dia menjadi pewarisnya, hanya dalam waktu beberapa tahun saja harta tersebut sudah ludes. Inilah yang disebut dengan anak durhaka yang menghabiskan harta keluarga, mengapa demikian? Karena di dalam garis hidupnya tidak ada kekayaan.

Insan yang dapat meneruskan karir keluarga, bahkan dapat memajukannya, ini karena ada di dalam garis hidupnya, aturan ini tidak boleh tidak diketahui. Bagaimana cara dia memupuk kekayaan yang ada di dalam garis hidupnya? Pada kelahiran lampaunya suka berdana, beginilah datangnya kekayaan, semakin banyak berdana semakin banyak yang diperolehnya, semakin banyak yang diperoleh semakin giat berdana, inilah benih yang ditanam oleh para hartawan.    

Orang pintar dan bijaksana adalah karena melakukan Dharma Dana, apa yang diketahui diri sendiri takkan menyembunyikannya, tidak pelit ilmu, mau mengajari orang lain, terutama berharap agar orang lain dapat lebih maju daripada dirinya sendiri, dapat berada di atas diriku, orang yang mengalah ini memiliki kebijaksanaan yang besar.

Kesehatan dan panjang umur diperoleh dari melakukan Abhaya Dana, ketika orang lain sedang menghadapi kesulitan dan penderitaan, maka kita membantunya untuk mengurai kesusahannya, membantunya agar dapat melewati saat-saat susah dengan selamat, ini sungguh bernilai, buah akibat yang diperoleh adalah kesehatan dan panjang umur.

Lihatlah tiga hal ini, kekayaan, kepintaran, kesehatan dan panjang umur, merupakan harapan setiap insan di dunia ini. Maka itu di dalam Buddha Dharma dikatakan bahwa “Dalam pintu Ajaran Buddha, segala permohonan dapat terkabulkan”, apa yang diinginkan semua orang tak terpisahkan dari ketiga hal ini, Buddha membabarkan dengan jelas Hukum Sebab Akibat dari ketiga jenis Dana ini, setelah memahaminya maka anda haruslah mengamalkan sesuai dengan ajaran, maka buah akibatnya juga akan anda peroleh.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Agustus 2014


凡夫之人都想發財,而財是命中注定的,由不得自己。命裡沒有財,要懂得安分守己,為什麼?不是老天不公平,老天非常公平,那個人命裡有財前世修的,不是這一世。命裡沒有財,生到一個富貴人家,那生下來不就享福了嗎?沒錯。他命裡沒有修財的話,他有這個福報,是跟父母有這個緣分,他來了;到父母不在了,他當家做主,幾年就敗光了,這敗家子,為什麼?命裡沒有。

能夠繼承祖宗事業的,還能夠向上提升的,命裡有,這個道理不能不知道。他命裡那個財怎麼修的?過去生中修財布施,歡喜財布施,是這麼來的,而且愈施愈多、愈多愈施,這是大富長者他所修的因。聰明智慧是法布施來的,自己知道的東西沒有隱瞞、沒有吝嗇,肯教人,特別是希望別人修得比我更好,能在我之上,這個人是大智慧。

健康長壽是無畏布施,人遇到艱難困苦的時候,他能夠幫助他化解,幫助他平安度過,這了不起,這個果報是健康長壽。你看看,這三樣東西,財富、智慧、健康長壽,都是每個人希求的。所以大乘教裡常說「佛氏門中,有求必應」,世間人求的不外乎這些,佛把因果報應,善有善果、惡有惡報,把三種布施業因果報講清楚、講明白了,你如法照做,你三種都得到,不是假的。

二零一四淨土大經科註  (第九十集)  2014/8/13 

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar