Selasa, 12 Juli 2016

Bagaimana Yang Disebut Dengan Ketrampilan Yang Telah Efektif?

Saat mata melihat rupa, timbul niat pikiran, perbedaan dan kemelekatan, menuruti keinginan sendiri timbul nafsu keserakahan, tidak hanya timbul nafsu serakah, malah ingin memilikinya, menguasainya, ini akan menimbulkan kerisauan, ini adalah pikiran telah tertumpu pada rupa, niat pikiran anda telah tergerak, inilah yang disebut menciptakan karma. Karma ada yang baik dan ada yang buruk, kisaran untuk karma baik berupa budi pekerti, kalangan Buddhisme menyebutnya sebagai sila, di dalam standar ini disebut karma baik, karma baik akan berbuah dengan kelahiran di tiga alam bajik, menikmati pahala perbuatan baiknya; sedangkan karma buruk akan berbuah dengan kelahiran di tiga alam penderitaan.

Melihat harta benda, rupa, ketenaran dan keuntungan, maka bertindak berlawanan dengan tata susila, bertentangan dengan kebenaran, anda hendak memiliki dan menikmatinya, ini disebut karma buruk; dengan hati yang benar, sesuai dengan aturan dan hukum, anda menguasainya, ini adalah karma baik.  Tak peduli bagaimana tindakan anda, kesimpulannya hanya satu kata, yakni menciptakan karma tumimbal lahir, tiga alam baik dan tiga alam penderitaan adalah enam alam tumimbal lahir, ini hal yang salah, mana boleh melakukannya?  

Buddha dan Bodhisattva menjelma di dunia ini, enam landasan indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) mengadakan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-baun, rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran), takkan bertumpu, takkan menaruh semua keadaan ini di dalam hati, maka itu Dia dapat mengajari para makhluk, segala urusan dapat diselesaikan dengan benar. Kebenaran dibabarkan pada dirimu dengan jelas dan dipahami, namun di hatiNya takkan ada jejak, yakni takkan menaruhnya di dalam hati, inilah yang disebut dengan ketrampilan.

Praktisi yang melatih diri hingga memiliki ketrampilan, yakni ketrampilannya telah efektif, ini sudah benar-benar ada manfaatnya. Bagaimana yang disebut dengan ketrampilan yang telah efektif? Yakni takkan menciptakan karma, kelahirannya yang mendatang pasti di Alam Sukhavati, pasti takkan bertumimbal lahir lagi.

Tak peduli di dunia ini seberat apapun fitnahan yang diterima, kerugian yang diterima, disakiti, juga takkan menaruhnya di dalam hati. Bila menaruhnya di hati, maka ini yang disebut dengan karma buruk, mengapa demikian? Anda akan timbul kebencian, anda akan berkeinginan membalas dendam, masalah ini akan terus berlanjut setiap kelahiran dan kematian, tiada usainya, saling membalas, ini sungguh disebut sesat.

Maka itu harus meneladani kesabaran Master Hai Xian, meskipun orang lain menamparnya, beliau tetap bersabar ; meludahi wajahnya, tetap bisa bersabar, tidak membuat perhitungan dengannya. Mengapa demikian? Tidak menciptakan karma tumimbal lahir, tidak menaruhnya di dalam hati.

Ucapan Master Hai Xian ini adalah untuk disampaikan pada kita, sementara hatinya tetap suci dan bersih, tiada sedikitpun noda; kesabaran yang dimilikinya, hingga rupa kesabaran juga tidak ada, di hatinya begitu bebas, berbahagia dalam Dharma.

Di dalam hatinya hanya ada sepatah Amituofo, selain itu tidak ada apa-apa lagi, ini yang harus kita teladani.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2014


眼見色,你起心動念、分別執著,順自己的意思起貪愛,不但貪愛,還要進一步,要佔有它,想得到它,這就生煩惱,這就心住了相,你動了念頭,這是什麼?這叫造業。業有善惡,如果是善業,維繫在倫理道德,佛家講戒律,在這個標準裡頭叫做善業,善業感三善道,你來生之後三善道去享福,你造了善業;如果是惡業,來生就三惡道去了。遇到財色名利,違背了倫常,違背了義理,你佔有它、擁有它,叫造惡業;以正義的心,合情、合理、合法,你佔有它,這是善業。不管你是什麼業,總的一句話說你造輪迴業,三善道跟三惡道是輪迴業,錯了,怎麼可以幹這個事情?

佛菩薩應化在這世間,六根接觸六塵境界怎樣?無住,沒有把這個境界放在心上,所以他能夠教化眾生,他能夠處理得正確。理事給你講清楚、講明白,心裡痕跡都不著,就是說決定不能把它放在心上,這叫功夫。修行人到有功夫,就是功夫得力了,這真有受用。功夫得力什麼?不造業,他來生決定在西方極樂世界,他決定不再搞輪迴了。在這個世間無論受什麼樣的冤枉,吃什麼樣的虧,受什麼樣的傷害,都不放在心上。放在心上是惡業,為什麼?你會起怨恨,你會起報復,那就是生生世世沒完沒了,再報來報去,那真叫迷惑顛倒。所以要像老和尚一樣能忍,人家打他兩耳刮,能忍;吐他一臉唾沫,能忍,不跟他計較。這是什麼?不造輪迴業,根本不要放在心上。老和尚說那些話是給我們聽的,他自己心地乾乾淨淨,絲毫沒有染著。忍辱,連忍辱的相都沒有,他心裡多自在,法喜充滿。心裡只有一句佛號,除一句佛號之外什麼都沒有,這是我們要學習的。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第七十五集)  2014/7/13

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar