Senin, 11 Juli 2016

Upasaka Vimalakirti

Jika ingin meninggalkan keduniawian maka teladanilah Buddha Sakyamuni, sedangkan bagi umat berkeluarga teladanilah Upasaka Vimalakirti. Pada waktu Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, sesungguhnya ada dua Buddha yang berada di dunia ini, yakni Upasaka Vimalakirti sebagai Buddha umat berkeluarga, sedangkan Buddha Sakyamuni tampil sebagai Buddha yang meninggalkan keduniawian.

Identitas dari Upasaka Vimalakirti dapat dilihat di dalam sutra yang mencantumkan bahwa siswa utama Buddha Sakyamuni, Sariputra dan  Maudgalyayana, para siswa utama ketika bertemu dengan Upasaka Vimalakirti akan bernamaskara tiga kali, mengelilinginya ke arah kanan sebanyak tiga kali, maka itu tidak bisa dikatakan Beliau adalah umat berkeluarga biasa, namun Dia adalah Buddha, Buddha umat berkeluarga.

Buddha Dharma adalah ajaran guru kepada murid, Upasaka Vimalakirti adalah guru, para siswa utama Buddha Sakyamuni juga adalah muridNya, sehingga mereka juga menjalankan tata krama sebagai seorang murid. Maka itu kita dapat melihat para Bodhisattva, Bhiksu dan Bhiksuni ketika bertemu dengan Upasaka Vimalakirti, serupa dengan tata cara penghormatan kepada Buddha Sakyamuni.

Setelah menjadi anggota Sangha, saya meneruskan belajar dengan Upasaka Li Bing-nan, beliau adalah umat berkeluarga, tata cara penghormatan yang saya berikan padanya adalah sama dengan seorang guru dalam Sangha, tiada bedanya, tidak boleh memandangnya sebagai orang biasa, guru. Andaikata seorang murid tidak bisa menghormati gurunya, maka apapun tidak berhasil dipelajari, aturan ini harus dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 April 2014


 出家人應該學釋迦牟尼佛,在家人應該學維摩居士,當年世尊出世,給諸位說,兩尊佛,維摩居士是在家佛,釋迦牟尼佛示現出家佛,兩尊佛。維摩居士的身分,在經典上可以看到,世尊的弟子,舍利弗、目犍連,這些弟子們見到維摩居士要頂禮三拜,要右繞三匝,不能說他在家居士,他是佛,在家佛。佛法是師道,他是老師,我們是弟子,那就要行弟子之禮。所以我們看到菩薩、比丘、比丘尼見到維摩居士,跟見釋迦牟尼佛的禮節完全相同。我出家之後又回到台中,繼續接受李老師的教誨,他是在家居士,我對他的禮節跟出家的師父是一樣的,沒有兩樣,不能把他看作普通人,老師。學生不能夠尊師重道,什麼都學不到,這個道理不能不懂。

二零一四淨土大經科註  (第二十七集)  2014/4/9

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar