Rabu, 13 Juli 2016

Tubuh Jasmani Ini Adalah Semu Dan Bukan Nyata

Tubuh jasmani ini adalah semu dan bukan nyata, manusia terdiri dari nama dan rupa, tubuh jasmani merupakan rupa, sedangkan nama terdiri dari vedana (perasaan), sankhara (bentuk-bentuk pikiran), sanna (pencerapan) dan vinnana (kesadaran), maka itu semua ini adalah semu, pada dasarnya tidak eksis. Kita sendiri tidak menyadarinya maka itu masih mendambakan dan mengejar ketenaran dan keuntungan, masih suka pada keserakahan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan kecurigaan, menurut anda bukankah ini sungguh memprihatinkan? Untuk siapakah mereka berjuang mati-matian?

Setelah memahami dengan jelas akan kebenaran ini, barulah anda bersedia melepaskannya. Begitu anda melepaskannya, maka di dunia ini takkan ada lagi masalah, saat enam landasan indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) mengadakan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran), maka niat takkan timbul dan pikiran juga takkan tergerak lagi, inilah yang disebut dengan melepaskan pisau jagal langsung mencapai KeBuddhaan.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai KeBuddhaan? Sebersit niat pikiran, sebersit niat pikiran dialihkan kembali. Mengapa tidak mampu dikembalikan seperti sedia kala? Karena tidak tahu bahwa segala sesuatu itu adalah semu, andaikata memahami bahwa itu adalah semu, maka dia akan melepaskannya, kembali pada jiwa sejati, kembali pada Jiwa KeBuddhaan. Maka itu melatih diri dalam Buddha Dharma tiada yang lain, yakni melepaskan kemelekatan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Agustus 2014

身是假的不是真的,身是物質現象,有思想,有受想行識,有心理現象、生理現象,生理現象是色身,物質;精神,有心理現象,全是假的,根本就不存在。我們自己不知道,還要爭名逐利,還要搞貪瞋痴慢疑,你說冤不冤枉?為誰搞的?真正把事實真相搞明白、搞清楚了,你才真肯放下。這一放下,天下本無事,六根在六塵境界上再不起心動念了,那就是放下屠刀,立地成佛。成佛需要多少時間?一念,這一念轉過來。為什麼轉不過來?不知道是假的,知道是假的,他就肯放棄,轉過來了,轉過來就成佛了。所以佛法修行沒有別的,就是放下。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第一0一集)  2014/8/31

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar