Kamis, 07 Juli 2016

Terampil membuat orang lain bersuka cita


Walaupun dengan niat baik membantu orang lain, tetapi caranya harus trampil dan membuat orang lain merasa bersukacita. Di dalam Ajaran Mahayana, Buddha membabarkan bahwa dimanapun Bodhisattva berada, selalu memberikan sukacita kepada makhluk lain.

Seperti Bodhisattva Maitreya yang selalu menyambut orang lain dengan penuh sukacita, sehingga umat Buddha menempatkan altar dan rupangNya menghadap pintu masuk vihara, apa maknanya? Yakni jika ingin belajar Ajaran Buddha dan memasuki pintu Buddha Dharma, maka yang pertama yang harus dipelajari adalah memaafkan dan menyambut orang lain dengan senyuman.

Ini adalah ajaran, bukan malah menganggap Beliau sebagai dewa yang disembah, tetapi ini ada maknanya. Apa syaratnya jika ingin melangkah masuk ke pintu Ajaran Buddha? Lapang hati dan menyambut orang lain dengan senyuman, ini adalah Buddha dan Bodhisattva.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2014


 縱然是以善意幫助別人,手法也要講求善巧方便,總是讓人生歡喜心。大乘教裡佛常說,菩薩所在之處,令一切眾生生歡喜心。彌勒菩薩是中國佛門弟子大眾推選的一個,以歡喜接人,把他的形像放在山門口,面對著大門。表什麼意思?學佛,進佛門來第一個就是要學著包容,第一個要學笑臉迎人。這是教育,不是把他當神明來禮拜,不是的,是表法的意思。什麼樣的條件能入佛門?寬宏大量,喜笑迎人,這是諸佛菩薩。

二零一二淨土大經科註  (第五六八集)  2014/1/4 
Sumber : Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar