Kamis, 07 Juli 2016

Apa yang tidak diinginkan jangan diberikan kepada orang lain


Para bijaksana terdahulu mengajarkan kita “jika bertemu masalah tanyakan kembali pada diri sendiri”. Bagaimana seharusnya? Sebelum melakukan sesuatu kepada orang lain, tanyakan dulu pada diri sendiri, andaikata orang tersebut adalah diri sendiri, apakah kita sudi menerima perlakuan sedemikian?  Apakah saya suka diperlakukan sedemikian?

“Apa yang tidak diinginkan jangan diberikan kepada orang lain”, ini disebut kebajikan, hindarilah kesalahan dan akibatnya. Saya ingin orang lain bersikap sedemikian padaku, maka saya juga harus memperlakukan orang lain dengan sedemikian, barulah saya bisa memperoleh akibat yang menyenangkan. Jika kita tidak suka diperlakukan sedemikian, maka orang lain juga takkan suka, aturan ini harus dipahami.

Insan yang setiap saat dapat berintrospeksi diri, maka kesalahannya akan berkurang. Insan yang berbuat jahat sama sekali tidak pernah mempertimbangkan perasaan orang lain, hanya demi memenuhi kesenangan sendiri, ini menjalin permusuhan dengan orang lain.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2014


 我們起心動念,老祖宗教給我們,「行有不得,反求諸己」。應當怎麼樣?起心動念先想想,當事人是我自己,我怎樣承受?我喜不喜歡?「己所不欲,勿施於人」,這叫善心,就避免過失,避免惡報。我喜歡別人怎麼對我,我就應該要怎樣去對別人,我才能得到善的果報。我不希望別人這樣對我,我千萬不要用這些方法對別人,我不喜歡,人家也不喜歡,不能不懂。人能夠時時刻刻回光返照,過失就減少了。在造作一切惡業的時候,完全沒有想到別人的感受,只滿足自己的快意,不行,你跟人結了怨。

二零一二淨土大經科註  (第五六八集)  2014/1/4 

Sumber : Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar