Selasa, 12 Juli 2016

Prasangka Adalah Merasa Diri Sendiri Selalu Benar

Prasangka adalah merasa diri sendiri selalu benar. Banyak orang yang memiliki kekotoran batin ini, selalu saja merasa pemikiran sendiri yang paling benar, sedangkan apa yang dipikirkan orang lain adalah salah, sifat sedemikian harus dilepaskan. Dapat melepaskan prasangka diri sendiri, menerima pendapat orang lain; orang lain akan merasa bersukacita; meskipun tidak bisa menerima pendapat orang lain, namun sikapnya juga harus lembut dan harmonis.

Jika merasa diri sendiri yang paling benar, bersikap angkuh terhadap orang lain, tanpa disadari berapa banyak orang yang telah kita buat tersinggung. Saat anda masih memiliki kekuasaan, orang lain tidak berani padamu, tetapi ketika anda telah kehilangan kekuasaan, takkan ada orang yang mau peduli padamu, saat itu barulah merasakan penderitaan.

Kondisi begini di dalam masyarakat, asalkan memperhatikan dengan seksama, dimanapun dapat dijumpai, kita harus memiliki tingkatan mawas diri yang tinggi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juli 2014


我們常講的成見,就是自以為是。很多人都有這個煩惱,總認為自己想的是對的,別人想的是錯誤的,這個要放下。能夠放下自己的成見,採取別人的意見,人家歡喜;縱然不能接受別人的意見,態度上要緩和。我們以自以為是、傲慢的態度對人,不知不覺得罪多少人。你在有權有勢的時候,人家不敢對你怎麼樣,你的權勢失掉之後沒有人理你,那個時候你就知道苦。這種情形在社會上,只要細心,處處能看得到,我們要有高度的警覺心。


二零一四淨土大經科註  (第七十二集)  2014/7/7 

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar