Jumat, 08 Juli 2016

Penyelesaian Konflik Menuju Keharmonisan

Indonesia adalah negara muslim, mereka memiliki pendidikan agama, antar umat beragama hidup dengan harmonis. Mereka amat berlapang hati dan merangkul seluruh umat beragama, dengan demikian barulah dapat menwujudkan “penyelesaian konflik menuju keharmonisan”.

Kesempatan yang sulit diperoleh, Rektor Universitas Islam Indonesia membawa beberapa dosen datang mengunjungiku. Mereka bersantap siang di sini dan malam hari pulang kembali ke negara mereka. Mereka memberitahuku bahwa mereka akan meresmikan sebuah Akademi Han, sungguh sulit diperoleh. Di dalam akademi ini akan dipelajari budaya tradisional Tiongkok dan Ajaran Konfusianisme, Buddhisme dan Taoisme, dengan mengutamakan kitab-kitab kuno peninggalan leluhur, ini sungguh bermakna.

Masalahnya adalah sulitnya mencari staf pengajar, makanya belakangan ini saya coba mencari tahu cara apa yang harus kita gunakan? Saya jadi terpikir bagaimana kalau kita menggunakan DVD untuk dijadikan bahan pembelajaran, kemudian kita mencetak kembali. Jika anda mengadakan kelas ini, maka saya akan memberikan bahan pembelajaran ini kepada anda beserta buku pelajarannya, sehingga anda dapat berhasil melakukannya, tidak perlu mengundang tenaga pengajar, pakai saja DVD untuk memberi kuliah.

Akademi Han di Malaysia akan memberi dukungan sementara waktu kepada kalian, setiap tahun akan ada kegiatan diskusi sebanyak dua atau tiga kali, untuk sharing dengan kalian, agar kita bisa saling bertukar pengalaman belajar, dengan cara ini untuk membantu semuanya. Dengan demikian kita bisa mengadakan kontak dengan seluruh pelajar budaya tradisional Tiongkok yang tersebar di seluruh dunia.

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2014 


印尼是回教國家,他們有宗教教育,他不忌諱宗教。宗教教育心量要拓開,要包容其他宗教,這樣才真正能做到化解衝突,安定和諧。也非常難得,印尼的回教大學校長帶著幾位教授來看我,也是專程來的,中午在我這邊吃飯,晚上回去了。告訴我,學校要正式開辦一個漢學院,這很難得。漢學院裡面就學習中國的儒釋道,著重古時候傳下來的經典,這非常有意義。

這個老師就比較困難了,所以我這段時期在揣摩,我們用什麼方法?就想到我們用光碟、用錄像,做成有系統的教科書,我們再出版這些東西。你要是辦這個班,我把這個教材給你,教科書給你,你就能辦成,不要請老師,用光碟教學。我們漢學院的,將這些研究員、這些教授支援你們,每年我們可以做二、三次的訪問,跟你們交流,跟你們交換學習心得,用這個方法來幫助大家。我們這樣就可以聯絡全世界的漢學學者。

二零一二淨土大經科註  (第五八三集)  2014/1/14

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar