Kamis, 14 Juli 2016

Orang Tiongkok Jaman Dulu Dan Sekarang Adalah Tidak Sama

Orang jaman dahulu kala menanam pohon, ada pohon kecil dan ada pohon besar, untuk jenis yang berbeda maka cara perawatannya juga berbeda. Dari sini anda dapat melihat bahwa metode pengajaran yang digunakan orang Tiongkok jaman dulu dan sekarang adalah tidak sama, tempo dulu banyak dihasilkan insan berbakat.

Bukan semua orang berbakat yang mampu dibimbing, harus memiliki syarat yang sesuai dengan kepribadiannya sendiri, membimbingnya menjadi insan berbakat yang berguna. Maka itu di setiap bidang akan dihasilkan para ahli, sekolah menghasilkan para ahli, belajar pertukangan, tukang kayu akan menghasilkan tukang kayu terunggul, tukang bangunan juga dapat menghasilkan tukang bangunan yang terunggul.

Maka itu anda merupakan orang yang bagaimana, menuruti bakat alami ini untuk membentuk dirimu, sehingga menjadi orang berbakat yang berguna. Ini merupakan metode pengajaran orang Tiongkok jaman dulu, sungguh berbeda dengan jaman sekarang. Kini adalah metode sekali babat, satu kelas-satu kelas naik ke atas, berbeda dengan jaman dulu. Maka itu pada jaman dahulu kala ada muncul insan suci dan bijak serta ksatria, ini adalah mata kebijaksanaan guru, menyeleksi keluar dari sekelompok murid-muridnya.

Metode manakah yang lebih bagus? Metode orang tempo dulu yang lebih bagus. Mengapa demikian? Karena benar-benar menghasilkan insan berbakat, mereka mengenali insan berbakat, mereka tahu anda ini bakatnya dimana, dapat membentuk anda jadi bagaimana.

Meskipun metode pengajaran orang barat tampaknya rapi dan teratur, tetapi bakat orang jadi terkubur, dia harus mengecap pendidikan yang serupa dengan murid-murid lainnya. Pendidikan barat adalah sekali tebas, kelas satu tetaplah kelas satu, kelas dua tetaplah kelas dua, sehingga anak yang berbakat jadi terabaikan.

Ini adalah perbedaan metode pengajaran tempo dulu dengan sekarang, orang masa kini suka meniru orang barat, sementara orang Tiongkok sendiri memiliki metode pengajaran yang sedemikian bagusnya, malah terabaikan, sungguh disayangkan.        

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Oktober 2014


古時候那個種樹,有小樹、有大樹,不同的品種,他有不同的照顧方法。從這個地方你來看,中國古人教學的理念跟方法跟現在學校不一樣,它出人才。人才不是個個都能培養的,要有那個條件,適合他自己個性的條件,都把他培成有用的人才。所以行行出狀元,讀書出狀元,學工,學個木匠,木匠也能達到一流的木匠,水泥工也能達到第一流的水泥工。所以你是什麼樣的,依這個天賦來塑造你,都能把你造成有用之材。這是中國古時候的教育,理念跟現在不同。

  現在真的是一刀切,整整齊齊,一班一班往上提升,跟中國古人不一樣。所以中國歷代都有聖賢豪傑出現,這都是老師有慧眼,從學生當中提拔出來。哪一種學習方式好?還是古人那個方式好。為什麼?真出人才,他培養人才,他認識人才,他懂得你是什麼材料,可以把你塑造成什麼樣典型。西方的學校雖然整整齊齊,但是天才被埋沒了,他要跟大家受一樣教育。所以中國過去教學是豎的,往上提升;現在外國的學校,它是給你一刀砍平,一年級就是一年級,二年級就是二年級,真正天才被疏忽了。這是在教學理念方法,中國老方法超過現在。現在人樣樣相信外國人,中國這麼好的教學理念方法被拋棄了,真可惜。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第一二一集)  2014/10/24

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar