Sabtu, 09 Juli 2016

Neraka Bukanlah Didirikan Oleh Raja Yama, Tetapi Adalah Diciptakan Oleh Karma Buruk Sendiri


Manusia jatuh ke alam penderitaan, bukanlah karena ada suatu kekuatan yang menjatuhkan hukuman pada dirinya, tetapi ini muncul karena kekuatan karma buruknya. Ketika saya baru belajar Ajaran Buddha, Upasaka Zhu Jing-zhou menceritakan kisah yang dialami mertua (ayahanda dari istrinya), yakni Tuan Zhang Tai-yan. Upasaka Zhou Jing-zhou adalah menantu dari Tuan Zhang Tai-yan.

Ketika Tuan Zhang Tai-yan masih hidup di dunia ini, beliau pernah menjabat sebagai hakim di Gunung Tai yang ada di provinsi Shandong, Tiongkok, (yang juga merupakan salah satu dari lima gunung sakral-pen), dimana penguasanya adalah “Raja Setan Penguasa Pegunungan Timur”, yang dikisahkan menguasai lima hingga enam wilayah, karma dari penduduk lima atau enam daerah ini, kelahiran dan kematiannya itu diurus olehnya. Apakah benar diurus oleh dirinya? Bukan, dia hanya melaksanakan saja, jika anda tidak menciptakan karma, dia juga tak berdaya mengurusimu, bisa dikatakan dia mengurusi bagian pelaksanaan hukum.

Jabatan hakim amat tinggi, setara dengan istilah orang sekarang yang menyebut Sekretariat, selain “Raja Setan Penguasa Pegunungan Timur” ini, maka jabatan lain di bawah kekuasaan raja adalah Sekretariat, kedudukan yang begitu tinggi. Dia hanya mewakili sementara saja, waktu menjabat adalah satu bulan lamanya, mungkin hakim yang sebenarnya sedang ada urusan dan sedang cuti, maka itu meminta Zhang Tai-yan untuk menjabat sementara waktu.

Maka selama waktu sebulan itu dia melihat banyak kejadian yang aneh, waktu pagi dia berada di alam manusia, malam hari dia berangkat kerja di alam setan. Ada dua setan yang mengangkat tandu datang menjemputnya ke tempat kerja, saat fajar akan menyingsing dia diantar pulang, siang malam tanpa istirahat sehingga dia merasa amat menderita.

Dia adalah praktisi Buddhis yang saleh, ketika membaca sutra Buddha yang mengupas tentang neraka, di dalam neraka ada yang disebut neraka pilar panas. Itu adalah sebuah tiang, pilar tembaga, yang terbakar menyeluruh sampai jadi bara api, kemudian para terhukum akan memeluk pilar ini. Dosa apa yang telah mereka perbuat? Yakni perbuatan asusila, kini para terhukum akan memeluk pilar ini.  

Zhang Tai-yan berpikir bahwa orang yang bersalah memang wajib dihukum, tetapi bentuk hukuman ini terlalu sadis, istilah jaman sekarang adalah tidak manusiawi, bisakah hukuman ini dilarang, kemudian memohon pada Raja Setan Penguasa Pegunungan Timur itu.

Raja Setan mengutus dua setan kecil membawa Zhang Tai-yan melihat langsung ke lokasi eksekusi, sampai di sana dua setan kecil itu berkata pada Zhang Tai-yan, apakah anda sudah melihatnya? Zhang Tai-yan menjawab bahwa dia tidak melihat apa-apa. Barulah saat itu juga dia jadi sadar, neraka bukanlah didirikan oleh Raja Yama, tetapi adalah diciptakan oleh karma buruk sendiri. Seperti mimpi, keadaan di dalam mimpi, mimpi buruk juga diciptakan diri sendiri, tidak ada kaitannya dengan orang lain, barulah mengerti secara keseluruhan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Pebruari 2014


人在惡道裡頭,絕沒有別的力量去制裁他,不是的,業報是自己業力變現的。我初學佛的時候,朱鏡宙老居士告訴我他的老岳丈,就是章太炎先生,他是章太炎的女婿,老岳丈在世的時候曾經做過東嶽大帝的判官。東嶽大帝就是泰山,山東泰山,東嶽,鬼王,大鬼王,聽說他管五、六個省,這五、六個省裡頭人造業、生死都歸他管。是不是真的是他管?不是,他是執行的,你沒有造業他管不上,就等於說他是執行法律的。判官地位很高,相當於現在人所說的祕書長,東嶽大帝,除這一個高高在上,第二個有權力的人就是祕書長,這麼高的地位。他是代理,期限只有一個月,可能是判官有事情,不能夠上班,請他出來代理。所以他這一個月遇到很多奇怪的事情,白天在人世間,晚上到鬼道裡上班。有兩個小鬼抬著轎子來接他,天快亮了就送回來,日夜都不得休息,很辛苦。

  他是虔誠的佛教徒,讀佛經裡頭有說到地獄,地獄裡頭有炮烙地獄。那是將一根柱子,銅柱,當中燒火,完全燒透了,讓罪人去抱這個柱子。這是什麼罪過?邪淫的罪過,淫欲擁抱,叫你去抱這個柱子。太炎先生認為懲罰是要懲罰,這種懲罰太殘忍了,現在講不仁道,能不能把這個刑罰取締,求東嶽大帝行慈悲心。東嶽大帝就派兩個小鬼帶他去看,他說你先到現場去看,這個事情回來再談。小鬼帶他到刑場,指著地方告訴他,你看到沒有?他看不見。才恍然大悟,這不是閻羅王設的地獄,是你自己造作的罪業變現來的。就像作夢一樣,那個夢境,惡夢是自己變現出來的,於別人不相干,這才完全明白。

二零一二淨土大經科註  (第六三一集)  2014/2/23

Sumber :
Semilir Sukacita 

1 komentar: