Selasa, 12 Juli 2016

Menghambat Orang Lain Melakukan Kebajikan, Apa Akibatnya?


“Bersukacita pada kebajikan yang dilakukan insan lain”, harus dapat diamalkan, insan lain melakukan kebajikan, kita turut bersukacita, tidak boleh menghalanginya. Menghambat orang lain melakukan kebajikan, apa akibatnya? Buah akibatnya adalah kelak ketika kita sendiri yang melakukan kebajikan, orang lain juga akan merintangi kita, saling memusuhi dan saling membalas, tiada usainya, apakah anda sudi begini?

Apalagi jika kebajikan ini membawa manfaat bagi para makhluk, begitu dirintangi maka para makhluk tidak bisa memperoleh manfaat, maka beban karma ini harus anda tanggung. Jika jasa dari kebajikannya makin besar, jangka waktunya makin panjang, maka ketika anda jatuh ke neraka, penderitaan yang dijalani akan semakin mendalam dan berat, siksaan yang diterima tidak bisa anda bayangkan, lamanya jangka waktu juga tidak dapat diperkirakan.

Bersukacita, insan lain berbuat kebajikan, saya turut bersukacita, ini serupa dengan saya juga telah ikut berbuat kebajikan, berapa besar jasa kebajikan yang dia miliki, saya juga ikut memilikinya, mengapa hal yang begitu menyenangkan dan kita malah tidak sudi melakukannya! Mengapa malah menghambat insan lain?

Bersukacita pada kebajikan insan lain; insan lain juga akan bersukacita pada kebajikan yang kulakukan; merintangi orang lain, kelak orang lain juga akan menghalangiku. Hukum Karma sedikitpun tidak menyenangkan, tidak boleh tidak diketahui, tidak boleh tidak dipahami, jika tidak memahaminya, maka karma buruk yang dilakukan terkadang sungguh memprihatinkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2014


「隨喜功德」,一定要會,別人做好事情我們隨喜,決定不能障礙。障礙別人的好事,果報是什麼?果報是我們自己將來有好事別人也障礙我們,冤冤相報,沒完沒了,你願意嗎?何況如果這個好事是利益眾生的,這一障礙眾生的利益得不到了,這個因果責任你要負責。他這樁好事功德愈大、時間愈長,你將來墮在地獄裡頭,那個罪業就愈深、愈重,受的苦是你無法想像的,時間之長也是無法預計的。隨喜,別人好事我隨喜,等於我做的一樣,他有多大的功德我也有多大功德,何樂而不為之!為什麼要去障礙別人?隨喜別人,別人隨喜我;障礙別人,別人將來障礙我。業因果報,絲毫不爽,不能不知道,不能不明瞭,不明瞭,造作的罪業有時候非常可憐。

二零一四淨土大經科註  (第七十三集)  2014/7/9 

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar