Kamis, 07 Juli 2016

Konfucius Sebagai Teladan

Orang Tiongkok mengambil Konfucius sebagai teladan. Di dalam hati Konfucius hanya timbul niat pikiran apa?  Yakni kebajikan dan kesusilaan, Apa yang dimaksud dengan kebajikan? Yakni mengasihi orang lain, tiada orang yang tidak dikasihinya. Dia menyayangi orang lain dengan tulus, bukan berpura-pura, bukannya saya mengasihi orang lain dengan harapan memperoleh keuntungan, beliau tidak memiliki niat sedemikian, mengasihi orang lain adalah kewajiban.

Kesusilaan adalah memahami kebenaran, setiap niat pikiran yang muncul, ucapan dan tindakannya adalah sesuai dengan kebenaran, tidak melanggar aturan. Ini sungguh tidak mudah, diwujudkan keluar dalam penampilan dan tindakan, memperlakukan orang lain dengan ramah, hormat dan mengalah, yang juga merupakan sikap dari seorang murid kepada gurunya.

Kebajikan seorang guru ditampilkan keluar dalam tindakan kesehariannya, keramahannya, kebajikannya, rasa hormatnya, hidup sederhana dan mengalah, lima sikap inilah yang menyebabkan orang lain suka belajar padanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Januari 2014



中國人都認為孔子是做人的榜樣,是做人的模範。夫子的胸中起心動念是什麼?是仁,是義。仁是什麼?愛人,沒有人他不愛的。他是真心愛人,不是妄心,不是說我愛人我會佔什麼便宜,沒有,他沒這個念頭,愛人是應該的。義是明理,起心動念、言語造作都能做到合情、合理、合法,不違背人情世故。這不容易。表現在外面的,待人接物溫良恭儉讓,這是學生對老師的總結。我們老師的德行,日常生活當中表演出來的,這五個字,溫和,人喜歡親近他,善良、恭敬、節儉、謙讓。


二零一二淨土大經科註  (第五六四集)  2014/1/2

 
Sumber:
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar