Kamis, 07 Juli 2016

Membenci dan Irihati pada Insan Bijak

“Membenci dan irihati pada insan bajik”. Ini merupakan tabiat yang dimiliki sebagian orang, ketika melihat orang lain sedang berbuat baik, timbul kebencian dan irihati. Jika sudah demikian maka timbul pula niat jahat untuk menfitnah, ini adalah benih untuk jatuh ke alam neraka. Mengapa demikian? Karena dampaknya sangat luas, mencelakai orang baik dosanya amat berat.

Penyebabnya adalah irihati, atau demi kepentingan diri sendiri dan menciptakan karma buruk. Begitu mendengar orang baik ini dipuji maka segera timbul irihati di hatinya, sehingga dia segera mencari masalah dan menfitnah orang baik tersebut. Kejadian sedemikian sejak dahulu kala sampai sekarang di masyarakat selalu ada. Apalagi pada jaman sekarang lebih banyak lagi, bagaimana mengatasinya?

Kejahatan harus dilenyapkan dan kebajikan harus dipupuk, saya melatih diri sendiri dan tidak mengkritik orang lain dan juga tidak merintangi orang lain, juga harus giat melenyapkan kejahatan dan memupuk kebajikan, menasehati orang lain agar melakukan kebajikan, untuk kepentingan masyarakat dan orang banyak, bukan demi diri sendiri.

Jika demi diri sendiri, di masyarakat juga ada orang yang jujur, mereka akan mengetahuinya, setan dan malaikat juga akan mengetahuinya, kelak setelah wafat tempat yang akan dituju juga tidak sama. Maka itu berbuat kebajikan ada pahalanya, takkan dirugikan, pada masa kehidupan ini semakin banyak penindasan yang dialami, maka pada kehidupan mendatang pahalanya semakin besar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Januari 2014


『憎嫉善人』。這也是一般人常有的,別人行善積德,他看到了,憎恨嫉妒。「憎者憎惡,嫉者妒嫉。」如果有憎恨嫉妒,惡意毀謗,這就是地獄罪。為什麼?它影響太大,陷害善人太深。原因都是為了憎嫉,還是為了自己造惡。善惡一對比,世間人讚歎善,對這個善人一讚歎,他就受不了,總要造謠生事,毀謗善人。這種事情自古以來,古今中外社會上常常看到的。現在這個時代尤其多,多怎麼辦?

惡不能不斷,善不能不修,我修自己的,不批評別人,也不障礙別人,還是要認真努力斷惡修善、勸善,為整個社會著想,不要為自己。自己,前面講得很清楚,社會上自然有一些明白人他知道,幽冥之中鬼神知道,將來死後去處不一樣。所以行善有行善之得,不會吃虧,這一生當中受的委屈愈大,來生福報愈大。


二零一二淨土大經科註  (第五六四集)  2014/1/2 

Sumber : Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar