Jumat, 08 Juli 2016

Keluarga Harmonis Segala Urusan jadi Berhasil


Ajaran Buddha dapat membantu sebuah keluarga menjadi bahagia, mengapa demikian? Keluarga harmonis segala urusan jadi berhasil. Ajaran Buddha mengatakan ada enam prinsip dalam kebersamaan, menwujudkan enam prinsip keharmonisan di dalam rumah tangga, maka betapa bagusnya keluarga ini.

Enam Prinsip Keharmonisan dapat membantu baik di keluarga maupun organisasi, sekarang banyak para pebisnis yang belajar Ajaran Buddha, menerapkan Trisarana, Lima Sila, Sepuluh Kebajikan dan Enam Prinsip Keharmonisan, ke dalam lingkungan kerja, di dalam kehidupan keseharian para pekerja dan bidang pekerjaan mereka, maka kondisi lingkungan kerja segera berubah.

Para karyawan menganggap perusahaan sebagai keluarganya, atasannya sebagai saudara sendiri atau kepala keluarga, setiap orang rajin bekerja sehingga laba perusahaan meningkat dari tahun ke tahun.

Karyawan bekerja tanpa diperintah, atasan boleh tidak mengawasinya. Karyawan tahu bahwa perusahaan adalah keluarganya sendiri, atasan memperlakukan semua karyawan sebagai kakak dan adik sendiri, bila keluarga karyawan mengalami kesulitan maka perusahaan akan mengatasinya, sehingga dia memiliki jaminan.

Maka itu semua gagasan dan cara ini, setelah dipelajari harus digunakan, tunjukkan prestasi, sungguh kebahagiaan dalam Dharma, sukacita tak terbayangkan. Ini adalah bakti besar, Umat Buddha sanggup melakukannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2014


Catatan :
Organisasi Sangha mempunyai 6 prinsip, yaitu 6 keharmonisan:
1.      Keharmonisan dalam disiplin moral
2.      Keharmonisan dalam pandangan
3.      Keharmonisan dalam berbagai keuntungan
4.      Keharmonisan dalam perbuatan
5.      Keharmonisan dalam ucapan
6.      Keharmonisan dalam pikiran



佛教可以幫助一個家庭幸福美滿,為什麼?和,家和萬事興。佛法講六和敬,把六和在家裡面實現了,這家多好。六和可以齊家,六和可以幫助社團,現在有不少企業的老闆學佛了,把三皈、五戒、十善、六和搬到企業裡面,落實在員工身上,在他的生活、在他的工作,風氣馬上改變了。員工把公司看作自己的家,把老闆看作自己的親人、家長,個個都能對公司盡忠職守,認真工作,公司的業績年年上升。員工都自動自發,老闆省心,可以不聞不問。員工知道公司是自己的家,老闆待大家像兄弟姐妹一樣,你家裡有任何困難公司照顧,等於說他有了保障。所以這些理念、這些方法學了之後要會用,做出成績,真的是法喜充滿,無量的歡喜。誓願救度,這是大孝,佛弟子能做到。


二零一二淨土大經科註  (第五七八集)  2014/1/11


Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar