Rabu, 13 Juli 2016

Jasa Kebajikan Dan Berkah Kebajikan Tidaklah Sama

Jasa kebajikan dan berkah kebajikan tidaklah sama, berkah kebajikan adalah Dharma duniawi, sedangkan jasa kebajikan adalah Dharma non duniawi. Jasa kebajikan dan berkah kebajikan adalah serupa, perbedaannya ada pada hati. Melakukan kebajikan dan masih mendambakan dunia ini maka perbuatan baik berubah menjadi berkah kebajikan; jika setiap niat pikiran adalah bertekad lahir ke Alam Sukhavati, maka kebajikan yang anda timbun berubah menjadi jasa kebajikan, jadi perbedaannya terletak pada hati.

Memutuskan kejahatan dan memupuk kebajikan, menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, semuanya dilimpahkan bertekad ke Alam Sukhavati, menjadi bekal tanah suci, ini sangat bagus. Jika malah memohon pahala Alam Dewa dan Manusia maka celakalah. Apakah pahala Alam Dewa dan Manusia boleh diperoleh? Boleh, insan yang memiliki berkah kebajikan besar terlahir di Alam Dewa, menjadi Raja Dewa atau di alam manusia menjadi raja manusia.

Namun andaikata sempat melakukan kejahatan maka akan mengurangi pahala. Andaikata di dalam garis hidup, kelak anda akan memiliki harta sebanyak 10 miliar, namun karena melakukan kejahatan sehingga jumlah yang akan anda terima jadi berkurang setengah, yakni 5 miliar saja, anda sendiri masih merasa begitu bangga dengan harta sebanyak itu, padahal sudah dipotong, bahkan bukan hanya ini saja, sampai-sampai ada kejadian konglomerat yang mengumumkan kebangkrutannya, mengapa demikian? Ini karena pahalanya sudah habis, masa tua dilewati dengan kesusahan, orang semacam ini banyak di dunia ini, dimana-mana bisa dijumpai.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Agustus 2014


功德跟福德不一樣,福德是世間法,功德是出世間法。功德跟福德是相同的,沒有什麼兩樣,用心不一樣。留戀世間一切善行,善行都變成福德;如果念念求生淨土,那你所修積的全變成功德,用心不一樣。斷惡修善,積功累德,統統迴向往生西方極樂世界,做為淨土資糧,這個好。如果求人天富貴就壞了。人天富貴能不能求?能求,真正大福德,到天上去做天王了,人間是人王。造作不善,折損福報。你命裡頭有一百億的財富,你將來是大企業家,財產百億。如果心行不善,打對折了。對折還有五十億,自己還很傲慢,認為自己有這麼大的財富,其實打對折了,去掉一半。甚至於人壽命還沒有終了,宣告破產,那是什麼?福報盡了,晚年幾年日子非常難過,這樣的人在這個世間多,到處都能看見。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第九十一集)  2014/8/13 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar