Sabtu, 09 Juli 2016

Jadi Bagaimana Caranya Buddha dan Bodhisattva Menjelma Ke Dunia Ini?


Kita hidup di era masa kini, baik umat berkeluarga atau anggota Sangha, juga mengalami kesulitan dalam melatih diri, rintangan begitu banyak, sementara itu kalyanamitra sungguh sedikit, ke mana harus menemukan kalyanamitra? Kalyanamitra juga tidak disanjung dan dihormati masyarakat, kalyanamitra sejati, dan jelmaan Buddha atau Bodhisattva, bagaimana cara Mereka membantu para makhluk? Bisa dalam penampilan seorang anggota Sangha, tetapi juga bisa dalam wujud seorang umat berkeluarga, sehingga Mereka juga bisa dikritik atau difitnah. Buah karma buruk ini adalah jatuh keNeraka Avici, maka itu Buddha dan Bodhisattva takkan melakukan hal ini.

Jadi bagaimana caranya Buddha dan Bodhisattva menjelma ke dunia ini? Yakni serupa dengan para praktisi senior yang beberapa waktu lalu meninggal dunia dengan terlebih dulu mengetahui waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, baik itu adalah anggota Sangha atau umat berkeluarga, pelatihan diri mereka sepanjang hidup tidak ada yang tahu, mereka melatih diri secara diam-diam dan tidak ada yang mengenal mereka, begini juga bagus, tidak ada yang menfitnah mereka, mereka mengamalkan sila dan melafal Amituofo.

Mereka juga tidak mempraktekkan Dhyana, juga tidak melafal mantra, juga tidak mempelajari ajaran sutra, mereka tidak tahu apa-apa, hanya memiliki sebuah vihara kecil di sebuah dusun, tidak ada orang yang sudi tinggal di sana, juga tidak ada orang yang ingin merebutnya, melewati kehidupan yang tenang sepanjang hidupnya, menjelang ajal menampilkan tanda-tanda istimewa, dengan cara ini mempengaruhi para makhluk lainnya.    

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Pebruari 2014


我們遇在這個時代,這個時代出家在家學佛都不容易,障緣特別多,就是障礙太多,善知識很少,到哪裡去找善知識?善知識也不被社會大眾尊重,真正善知識,乘願再來的人,他怎樣來幫助這個世界眾生?以出家身分、在家大德身分,會受人批評,會受人毀謗。對聖賢的批評毀謗,那個罪業是無間地獄,所以諸佛菩薩絕對不會做這個事情。

  諸佛菩薩做怎麼樣的示現?像不久之前預知時至往生的大德們,無論在家出家,一生的行誼沒有人知道,默默無聞好,沒有人毀謗,持戒念佛。他不參禪,他也不念咒,他也不學經教,他什麼都不懂,有個鄉下小廟,沒有人願意住的,沒有人去爭的,平平安安度過他的一生,往生的時候示現瑞相,用這個方法度化眾生。


二零一二淨土大經科註  (第六三三集)  2014/2/24

1 komentar: