Selasa, 12 Juli 2016

Di Dalam Tekad Agung Buddha Amitabha Yang Ke-18

Di dalam tekad agung Buddha Amitabha yang ke-18, tercantum bahwa sepuluh lafalan Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, kecuali bagi yang melakukan lima perbuatan jahat yang berat dan sepuluh perbuatan jahat lainnya, tetapi Master Shan Dao membuat penjelasan terpisah untuk persoalan ini.

Master Shan Dao hidup pada masa Dinasti Tang, menurut legenda dikatakan bahwa beliau adalah jelmaan Buddha Amitabha, yang datang ke dunia ini dan muncul di Tiongkok, maka itu ucapan Master Shan Dao juga adalah ucapan Buddha Amitabha.

Lima perbuatan jahat yang berat dan sepuluh perbuatan jahat lainnya, karma buruk yang paling berat diantara semua karma buruk lainnya, Buddha mengucapkan hal ini adalah untuk menasehati manusia agar jangan sampai melakukan karma buruk ini.

Lalu bagaimana pula kalau sudah sempat melakukannya? Jika sudah sempat melakukannya maka harus benar-benar bertobat, Buddha masih akan datang menyelamatkan dirimu. Ini ditampilkan dalam 48 tekad Buddha Amitabha, kekuatan tekad ini sungguh tiada batas, kekuatan ini dapat menuntun dirimu sehingga saat menjelang ajal, sebersit niat pikiranmu adalah kebajikan, sebersit niat pikiran ini takkan ada kebencian, takkan ada ketamakkan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan kecurigaan, maka masalah pun jadi selesai.

Sebersit niat pikiran terakhir adalah begitu pentingnya, menentukan masa kelahiran berikutnya.

Tetapi bagaimana caranya agar kita dapat mempertahankan sehingga sebersit niat pikiran terakhir adalah Amituofo, tidak ada bentuk-bentuk pikiran lainnya? Semua ini mengandalkan dalam keseharian melafal Amituofo sehingga menjadi sebuah kebiasaan, dalam keseharian juga harus melepaskan semua kemelekatan, terhadap keadaan suka maupun duka, dalam kondisi menyenangkan jangan timbul keserakahan, dalam kondisi tidak menyenangkan jangan timbul kebencian, dalam keseharian melatih satu jurus ini, maka ini adalah ketrampilan melatih diri telah efektif.

Jika dalam kondisi menyenangkan timbul keserakahan dan dalam kondisi tidak menyenangkan timbul kebencian, maka hal ini celakalah, saat menjelang ajal, bagaimana anda dapat menjamin sebersit niat pikiran terakhir adalah Amituofo? Seperti Master Hai Xian, ada sebagian praktisi yang bilang padanya : Saat anda menjelang ajal, kami akan membantumu melafal Amituofo. Mendengar perkataan ini, beliau hanya senyum-senyum, Zhu Nian (membantu orang lain melafal Amituofo) tidak bisa diandalkan, lebih baik mengandalkan diri sendiri memiliki keyakinan melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Juli 2014


尤其十八願裡面,五逆十惡,本來是十念往生,唯除五逆十惡,但是善導大師為我們解釋。善導,唐朝時候人,傳說當中他是阿彌陀佛,應身到我們世間來的,出現在中國,那麼善導的話就是阿彌陀佛自己說的。五逆十惡,一切罪業當中極重的罪業,佛說這個意思,是勸人不要造這個罪業。那已經造了怎麼辦?已經造了真正懺悔,佛還是來度你。這就是顯示阿彌陀佛四十八願,這個能量是無限的,它能夠叫你在臨命終時一念善心,這臨終這一念當中沒有怨恨,沒有貪瞋痴慢疑,問題解決了。長時間沒有難,最後這一念,最後這一念比什麼都重要,關係到你的來生。

但是我們怎樣保證最後一念是阿彌陀佛,沒有其他雜念?全靠平常把這句佛號念熟,平常就要放下,對於一切順逆境界,順境不要貪戀,逆境沒有怨恨,日常生活當中訓練這一招,這就是你的功夫真正得力了。順境有貪戀,逆境有怨恨,就完了,你怎麼能保證你臨命終時最後一念是阿彌陀佛?要學海賢,你看海賢,有一些老同修跟他說:你往生的時候,我們大家來給你助念。他笑一笑,助念靠不住,不牢靠,還是自己有把握念佛往生這才牢靠。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第七十六集)  2014/7/14

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar