Jumat, 08 Juli 2016

Budaya Tradisional Tiongkok

Budaya tradisional Tiongkok telah ada di permukaan bumi ini sejak 5000 tahun yang lalu, betapa tebalnya dasar ini! Sekarang kita malah mengabaikannya, kelalaian ini baru berlangsung 200 tahun lamanya, masih ada sedikit jejak, jika kita tidak segera meluruskannya, tidak sudi membangunnya kembali, maka kira-kira seratus tahun lagi sudah tidak mungkin lagi, juga takkan mampu membangun kembali.

Seperti kebudayaan tradisional negara lainnya, diantara empat kebudayaan tradisional besar dunia, hanya tinggal budaya negeri Tiongkok yang masih ada, dan ini juga hampir musnah, sedangkan yang tiga lagi sudah musnah untuk kurun waktu yang lama sekali, tidak bisa dibangkitkan lagi.

Kebudayaan kita masih mempunyai harapan untuk dipulihkan kembali, generasi kita harus serius menwujudkannya, leluhur telah meninggalkan banyak kitab dan sastra, kita harus mendalaminya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2014


中國傳統文化在這個大地上五千年了,這個底子多厚!現在我們丟掉、疏忽才兩百年,還有一點跡象,再要不扶正、不努力把它興起來的話,大概再過一百年就不行了,想興都興不起來了。像其他國家古代文明,著名的四大文明只剩中國一個存在,這個也垂死,也差不多快滅亡,那三個滅亡很久了,決定不能復興。我們今天還可以復興,要我們這一代人真幹,要拼命、要深入,古人留下這麼多典籍,要深入。

二零一二淨土大經科註  (第五七九集)  2014/1/11 

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar