Selasa, 19 Juli 2016

Ajaran Buddha Melatihnya Ke Dalam Diri, Bukan Melatihnya Di Luar Diri

Semua makhluk sejak semula telah sempurna akan kemampuan yang dimiliki Tathagata. Dari sini dapat diketahui bahwa kemampuan ini bukan diperoleh dari luar diri, jika mengejarnya dari luar maka takkan mungkin bisa diperoleh.

Jika melatihnya di luar diri, maka mungkin saja akan memperoleh sedikit kemampuan gaib, bukanlah kebijaksanaan sejati. Buddha Dharma berbeda dengan ajaran luar, karena Ajaran Buddha melatihnya ke dalam diri, bukan melatihnya di luar diri, secara keseluruhan mengembangkan Jiwa KeBuddhaan.

Dengan melenyapkan Klesa (kekotoran batin), maka kemampuan yang memang sudah ada dalam diri sendiri sejak semula, akan muncul ke permukaan, ini barulah disebut Ajaran Buddha, maka itu Ajaran Buddha disebut sebagai ajaran dalam, takkan memohonnya di luar, hal ini pasti harus kita ketahui.

Demikian pula dengan memohon kesehatan, umur panjang, terlepas dari tumimbal lahir, mengakhiri roda samsara, semua ini dimohon dari dalam bukan di luar diri.               
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2015


眾生本有之如來智慧德相。由此可知,它不是從外來的,從外來修不到。從外來修,可以有一點小神通,不是真實智慧,那是錯誤的。佛法跟一般外道不一樣,就是佛從內修,佛不從外修,完全是開發自性,破除煩惱,自性的智慧德相自然現前,這才叫是佛教,離開自性無有一法可得。所以佛稱為內學,經典稱為內典,它不向外求,這一點我們一定要知道。求健康、求長壽,求脫離輪迴、求了生死,統統是在內不在外,內裡面有無量智慧、無量德能、無量相好,沒有從外求的,這一點我們一定要知道。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一O集)  2015/7/9

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar